16 Februari 2024 | Dilihat: 118 Kali
Pj Bupati Aceh Besar Pantau Input Data Hasil Pemilu di Kecamatan
noeh21
Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP, MM bersama Camat Darul Imarah, M Basir, SSTP, MSi serta Forkopimcam foto bersama menyatukan input data hasil Pemilu 2024, di Aula Kantor Camat, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. | (Foto Humas Aceh Besar)
 

IJN - Aceh Besar | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM menyatukan masukan data hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara acak di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Besar. Saat melakukan peninjauan di Kecamatan Darul Imarah, Pj Iswanto disambut Camat Darul Imarah M Basir SSTP MSi dan Forkopimcam serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

“Alhamdulillah input data di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Besar berjalan lancar dan aman tanpa kendala apapun. Terimakasih kepada petugas yang telah melayani dan bekerja secara profesional,” kata Pj Bupati Aceh Besar kepada awak media di sela-sela pemantauan di Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat 16 Februari 2024.

Iswanto mengatakan, hari ini dia melakukan pemantauan di dua kecamatan dalam wilayah Aceh Besar. “Iya pertemuan saya menyatukan masukan data hasil pemilu 2024 di Kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya didampingi Forkopimcam setempat,” ujarnya.

Menurut Iswanto masukan data pada dua kecamatan tersebut berjalan lancar, aman dan nyaman tanpa ada kendala. “Alhamdulillah input data di kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya berjalan lancar, aman dan dalam suasana sangat kondusif,” imbuhnya.

Pemantauan itu menurut Iswanto sangat perlu dilakukan, karena menurutnya mengawal Pemilu berintergritas memerlukan keterlibatan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah. 

“Menjadikan Pemilu berintegritas diperlukan keterlibatan semua pihak, jadi mari kita kawal rekapitulasi suara Pemilu ini secara bersama hingga tuntas, mulai dari TPS, PPK hingga komisioner,” ujar Iswanto.

Sementara itu Ketua PPK Darul Imarah Ahmad Wahyudi mengatakan, untuk rekapitulasi suara di seluruh gampong di Kecamatan Darul Imarah berjalan lancar.

Sedikit kendala hanya ada di Gampong Pasheu Beutong yang kekurangan 40 lembar surat suara presiden, dan di Gampong Leu Ue kelebihan surat suara presiden. 

“Alhamdulillah kelebihan surat suara di Gampong Pasheu Beutong sudah diantar ke Gampong Pasheu Beutong untuk menutupi kekurangan surat suara di Gampong Pasheu Beutong dengan pengawalan ketat oleh petugas,” ujar Wahyudi.

Selain dua gampong tersebut, Wahyudi mengatakan kendala lainnya di Kecamatan Darul Imarah terjadi pada antrian pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak di kecamatan.

“Ya di Gampong Gue Gajah terjadi antrian panjang karena antusias masyarakat pada Pemilu kali ini cukup luar biasa, sehingga memenuhi lokasi pemungutan suara di gampong tersebut,” ucapnya.

Selain itu masih menurut Wahyudi, kendala lain yang terjadi di beberapa TPS di Kecamatan Darul Imarah kebanyakan warga yang datang memcoblos sudah melewati batas waktu pencoblosan, sehingga banyak warga yang tidak bisa mencoblos karena kehabisan waktu. “Ada beberap gampong di Darul Imarah yang warganya datang melewati batas waktu coblos, sehingga saat warga sampai ke TPS mereka sudah kehabisan waktu dan TPSnya sudah ditutup,” imbuhnya.

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan mengenai hal tersebut sebelumnya dirinya bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) gampong sudah memberi himbauan masyarakat kepada terkait jadwal pemilihan hingga penutupan TPS. “Ya mengenai jadwal pemilihan, sebelumnya sudah kami sampaikan kepada warga agar menggunakan hak pilihnya pada jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan, ada 38.311 pemilih di Kecamatan Darul Imarah yang tersebar di 146 TPS yang ada di 32 gampong dalam wilayah Kecamatan Darul Imarah. “Kita di Darul Imarah memiliki 146 TPS dari 38.311 pemilih yang tersebar di 32 gampong,”sebutnya.

Mengenai perhitungan suara di TPS menurut Wahyudi, kemarin semuanya sudah selesai dan kotak suaranya juga semua sudah diantar ke Kecamatan.

Sedangkan mengenai rekapitulasi di kecamatan akan dimulai pada hari Minggu 18 Februari mendatang, hari ini dan besok semuanya sedang menginput jumlah data yang masuk dan akan dikirimkan ke Komisi Pemilihan Independen (KIP) Aceh Besar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Alhamdulillah semua kotak suara sudah tercapai di Kecamatan, yang terakhir kemarin dari Gampong Ule Tuy, dan rekapitulasi di Kecamatan Darul Imarah akan dilakukan pada hari Minggu ini, sedangkan pada hari ini dan besok kita melakukan input data yang masuk untuk dikirimkan ke KIP Aceh Besar dan KPU Pusat,” ujarnya.

Semua kotak suara yang masuk ke PPK kecamatan sudah diamankan di Gudang Logistik Komplek Kantor Camat Darul Imarah, dan rekapitulasi akan dilakukan di Gedung Unit Daerah Kerja Pembangunan (UDKP) Kecamatan Darul Imarah.

“Alhamdulillah kotak suaranya aman, dan sudah ditempatkan di gudang logistik dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan, sedangkan ruang rekapitulasi suara di kecamatan akan digunakan gedung UDKP,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PPK Kecamatan Ingin Jaya Alfian, bahwa pengumpulan suara di Kecamatan Ingin Jaya berjalan lancar, aman dan kondusif dan hari ini tim sedang melakukan input data.

“Alhamdulillah di Ingin Jaya lancar, hari ini kami sedang menginput data, dan Insya Allah mungkin jika tidak berhalangan, hari Minggu akan kami melakukan rekapitulasi suara di kecamatan,” tutupnya.

Penulis : Hendria Irawan
Editor : Redaksi
 
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com