30 Januari 2023 | Dilihat: 187 Kali
Pj Bupati Aceh Tamiang: PIN Polio Upaya Menyelamatkan Generasi
noeh21
Penjabat Bupati Aceh Tamiang, Drs. Meurah Budiman, SH, MH, didampingi Ketua TP-PKK Zuraidah Meurah tetaskan polio bagi siswa di TKN Pembina Rantau di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Rantau.
 

IJN - Kuala Simpang | Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Putaran II dilaksanakan serentak di Kabupaten Aceh Tamiang.  

Setidaknya ada sebanyak 15 titik lokasi di hadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten dan sejumlah Pejabat OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.
 
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, Drs. Meurah Budiman, SH, MH, didampingi Ketua TP-PKK Zuraidah Meurah secara seremonial membuka kegiatan di TKN Pembina Rantau di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Rantau.
 
Pj Bupati Meurah Budiman mengatakan, imunisasi polio merupakan ikhtiar Pemerintah untuk menyelamatkan generasi yang akan datang dari virus polio yang sangat berbahaya.
 
“Ini bentuk ikhtiar, kita ingin mencegah anak-anak ini dari penyakit polio. Setelah delapan tahun Indonesia tidak terdapat penyakit ini, namun ini kembali terjadi. Di Aceh sendiri, baru-baru ini kasus polio muncul di Kabupaten Pidie. Jadi untuk mengantisipasi penyebarannya, mari kita cegah dengan mensukseskan PIN Polio Putaran II serentak di Aceh Tamiang,"kata Meurah Budiman, Senin 30 Januari 2023.

Pj Bupati juga mengajak para siswa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Menurutnya, virus polio ini bisa tersebar dari makanan, air yang dibawa oleh lalat dan faktor pemicu lainnya. 
 
“Yang paling penting kita menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terapkan pola hidup sehat, lebih baik kita mencegah," demikian ajaknya.
 
Untuk diketahui, adapun 14 lokasi Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Putaran II lainnya diantaranya, SDN 1 Karang Bundar yang dihadiri oleh Kapolres.
 
Sementara, SDN Kampung Jawa dihadiri oleh Dandim 0117/ Aceh Tamiang, SDN Bukit Tempurung dihadiri oleh Sekda Aceh Tamiang Drs. Asra. 
 
Min 7 Aceh Tamiang dihadiri oleh Kajari Aceh Tamiang, SDN 1 Tualang Cut dihadiri oleh Ketua DPRK Aceh Tamiang, SDN Simpang Kiri dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Muslizar, SP.d, MM.
 
SDN Alur Baung dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangung dr. Catur Haryati, MARS; SDN Mesjid dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Drs. Tri Kurnia; MIN 5 Aceh Tamiang dihadiri oleh Ka. Kemenag Aceh Tamiang,
 
SDN 1 Tamiang Hulu dihadiri oleh Camat dan Forkopimcam setempat, SDN Batu Bedulang dihadiri oleh Camat dan Forkopimcam setempat; TKN 3 Rantau dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, SDN Tugu Upah dihadiri oleh Kepala DPMKPP-KB dan SDN Tangsi lama oleh Kepala Dinas Syari’at Islam. 
 
Dalam kegiatan itu, seluruh pejabat daerah mengajak masyarakat untuk mensukseskan kegiatan tersebut agar anak-anak rentang usia pertumbuhan 0-12 terbebas dan memiliki kekebalan terhadap virus.
 
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, pada putaran pertama yang dilaksanakan pada 12 Desember 2022 lalu, Dinkes berhasil menargetkan sasarannya di angka 95 persen. 
 
Pada putaran kedua ini, Dinkes berharap bisa melakukan hal serupa dengan target 1,2 juta anak mendapatkan tetes manis pencegahan polio di rentang usia 0-12 tahun. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com