27 Februari 2024 | Dilihat: 92 Kali
Pj Bupati Muhammad Iswanto Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Layak Huni
noeh21
Pj Bupati Muhammad Iswanto letakkan batu pertama pembangunan Rumah Layak Huni. Foto. Humas Pemkab Aceh Besar
 

IJN - Aceh Besar | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM didampingi CEO Islamic Relief Indonesia melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan rumah layak huni untuk keluarga yatim dan dhuafa, Senin 26 Februari 2024.

Rumah layak huni itu adalah kolaborasi dari Islamic Relief Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Baitul Mal yang berlangung di Gampong Seumereng Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar. 

Dalam sambutannya, Muhammad Iswanto menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berkomitmen penuh untuk pembangunan rumah layak huni yang didedikasikan bagi keluarga dhuafa dan yatim itu.

"Terkhususnya kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Islamic Relief yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Baitul Mal Aceh Besar dan juga bekerja sama dengan USK Banda Aceh yang telah peduli dan mengupayakan pembangunan rumah Dhuafa/ Yatim di gampong Seumeureung Kecamatan Suka Makmur," katanya. 

Di tempat yang sama, Ceo Islamic Relief Indonesia, Nanang Subana Dirja menyatakan, terima kasih kepada Pemerintah Aceh Besar yang sudah berkenan menerima Islamic Relief untuk bisa berkerja sama dalam mengwujudkan cita-cita Pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan. 

"Alhamdulillah, ini sebuah kehormatan bagi kami, sehingga kami bisa menjalankan program dengan baik," ujarnya. 

Ia menyebutkan, bantuan dalam bentuk bangunan rumah ini merupakan Zakat dari para muslim yang berada di negara Inggris dan Australia.

"Untuk keseluruhan bantuan rumah yang diberikan sebanyak 219 unit, yang terbagi 50 unit di Kabupaten Aceh Besar, 19 unit di Kabupaten Aceh Utara. Sisanya tersebar di 3 Provinsi lain di antaranya 50 unit di Palu dan Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, 50 unit di Jawa Barat dan 50 unit di Lombok Tengah," sebutnya. 

Sementara itu, salah satu penerima bantuan Suparman mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan oleh Islamic Relief Indonesia yang berkerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Baitul Mal.

"Saya dan keluarga hanya bisa ucapkan terima kasih kepada Islamic Relief dan Pemerintah Aceh Besar yang telah memberikan bantuan rumah layak huni kepada kami," ucapnya. 

Suparman yang berprofesi sebagai buruh harian mengakui, banyak bagian rumahnya yang sudah rapuh, dan belum mampu untuk melakukan perbaikan karena faktor ekonomi.

"Tidak mampu untuk membangun rumah, karena faktor ekonomi dan pekerjaan tidak menentu, saya bersama istri dan ke 5 anak kami sudah 15 tahun menghuni rumah ini. Alhamdulillah, hari ini doa kami didengarkan ALLAH SWT dengan mendapatkan bantuan dari Islamic Relief dan Pemkab Aceh Besar," ungkap Suparman.
 
Turut hadir Ketua Baitul Mal Aceh Besar, Azwir Anwar, SE, Plt Kadis Sosial Aceh Besar Aulia Rahman SSTP MSi, Kasek Baitul Mal Aceh Besar Heru Saputra SH MH, Forkopimcam Sukamakmur, dan perangkat serta tokoh masyarakat Gampong Seumeureung.



Penulis : Hendri
Editor : Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com