15 Juli 2021 | Dilihat: 104 Kali
Pj Keuchik Seuneubok Pango: Sampai Saat Ini Kita Belum Terima SK Pemberhentian Tuha Peut
noeh21
Pj Keuchik Seuneubok Pango, Sudirman.
 

IJN - Aceh Timur | Terkait pembentukan Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) yang diduga tidak resmi, dikarenakan Tuha Peut Gampong (TPG) Seuneubok Pango, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur telah diberhentikan dalam surat yang dikeluarkan Bupati Aceh Timur yang ditandatangani oleh Asisten I Sekdakab Aceh Timur.

Dalam surat tersebut dengan nomor 141/624 tanggal 13 April 2021 dengan bunyi : Bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 56 ayat (2) huruf d Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 4 tahun 2018 tentang Tuha Peut Gampong disebutkan bahwa anggota TPG diberhentikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c, apabila tidak melaksanakan kewajiban.

Hal itu dibantah langsung oleh Pj Keuchik Seuneubok Pango, Sudirman terkait pemberhentian Tuha Peut Gampong (TPG) Desa Seuneubok Pango hingga sampai saat ini pihaknya belum menerima Surat Keputusan (SK) pemberhentian dari Bupati Aceh Timur.

"Kita sampai saat ini belum pernah menerima SK tentang pemberhentian Tuha Peut Gampong dari Bupati, yang ada hanya surat teguran yang ditandatangani oleh Asisten I Sekdakab Aceh Timur," terang Pj Keuchik Seuneubok Pango, Sudirman kepada Indojayanews.com, Kamis, 14 Juli 2021.

Lebih lanjut Sudirman mengatakan, apabila tidak membentuk tim P2K segera maka Camat akan mengusulkan Tuha Peut baru tanpa adanya pemilihan ditingkat dusun tersebut.

"Setelah itu camat menelpon saya harus mendatangi berita acara terkait tuha peut baru yang ditunjuk langsung oleh mukim, dan saya menolaknya karena tidak ada pemilihan ditingkat dusun sendiri, dan tidak sesuai dengan Qanun nomor 4 tahun 2019," ujar Sudirman.

"Kita membentukan tim P2K ini dihadiri langsung oleh Kapolsek Banda Alam dan Babinsa serta pihak yang komplain bahkan pihak yang komplain juga mendatangi berita acara pembentukan tim P2K tersebut," terang Sudirman.

"Karena saya menolak tanda tangan berita acara tersebut sehingga saya diusulkan ganti oleh camat tanpa ada musyawarah di tingkat gampong sendiri," papar Sudirman. (FM)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com