18 Oktober 2020 | Dilihat: 131 Kali
PKBI Aceh Singkil Gelar Workshop Model Desa Sehat
noeh21
Nara sumber saat memberikan materi kepada peserta Workshop.
 

IJN - Aceh Singkil | Perkumpulan Keluarga Berencan Indonesia (PKBI) Cabang Kabupaten Aceh Singkil menggelar workshop Membangun Model Desa Sehat Berbasis Lingkungan yang Berkelanjutan dan Mitigasi Bencana.

Kegiatan yang bertujuan adanya keterlibatan dan partisipasi aktif perempuan dan masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan desa serta untuk mengetahui persoalan, masalah-masalah kesehatan dan lingkungan yang ada di desa, dilaksanakan  selama  dua hari (17 – 18 Oktober 2020), di Hotel Island, Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

Ketua PKBI Aceh Singkil, M.Dia Urridha, SE.MM mengatakan, mengingat kegiatan workshop dilaksanakan ditengah masa pandemi covid-19, kegiatan dilakukan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menjaga jarak). 

Hal ini dilakukan sesuai arahan pemerintah agar selalu menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan sekaligus mensosialisasikan perilaku hidup sehat dan adaptasi kebiasaan baru ditengah masa pandemi covid-19.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk penguatan kapasitas perempuan dan masyarakat dalam merespon kondisi lingkungan yang merugikan, perlindungan mata air sebagai sumber mata pencarian utama, peningkatan sumber pendapatan berbasis sumber daya lokal, serta partisipasi masyarakat dalam kebijakan strategis.

Workshop tersebut menghadirkan sejumlah Narasumber dari Dinas Kesehatan, Bappeda Kabupaten Aceh Singkil, dr.Hady Maulanza, MKM,  difasilitasi Baliyani – Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA P3MD) setempat dan puluhan peserta dari unsur instansi pemerintah, puskesmas, aparatur desa, perempuan serta kelompok muda.

Para narasumber membicarakan materi seputar pembangunan Model Desa Sehat Berbasis Lingkungan yang Berkelanjutan dan Mitigasi Bencana kepada masyarakat  peserta workshop. 

"Melalui workshop ini, saya berharap,  masyarakat dapat ikut berperan serta melahirkan Rancangan Kegiatan Pembangunan (RKP) gampong untuk program kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan," harapnya.


Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com