17 Oktober 2019 | Dilihat: 197 Kali
Plt Gubernur Aceh Buka IMT-GT Cruise Business Forum 2019 di Sabang
noeh21
 

IJN - Sabang | Pelaksana Tugas Gubernur  Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT, secara resmi membuka IMT-GT Cruise Business Forum 2019, pada Rabu 16 Oktober 2019  di Aula Mata Ie Resort Sabang.

Kepala BPKS Ir Razuardi, MT melalui Deputi Komersil dan Investasi Agus Salim mengatakan, kegiatan IMT-GT Cruise Business Forum 2019 ini untuk membuka dan sekaligus mempromosikan New Connectivity  Cruise (Sabang-Penang-Phuket-Langkawi).

Peresmian IMT-GT ( Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle) dihadiri para peserta yang terdiri dari Delegasi Kementrian Pariwisata Thailand, Pejabat di Kemenpar RI, Pelaku Cruise Tourism, Shipping Agent dan Cruise Operator (Pelni, Ben Line, Samudra Indonesia, Princess).

Tour Agent dan Asosiasi Pariwisata yang ada di Aceh dan Sabang, seperti HPI, ASITA, ASPPI, ASATI dan Pramuwisata Aceh, para pelaku bisnis wisata Sabang (Hotel/Resort, Scuba Dive, Organda/Permosa, UKM Sabang).

“Kegiatan IMT-GT Cruise Business Forum 2019 juga dihadiri Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari Dr.Indroyono Soesilo, Bupati Aceh Besar, Pejabat satuan kerja perangkat Aceh (SKPA) dan Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) Sabang”, kata Agus. 

Sementara Bupati Aceh Besar Mawardi Ali saat diwawancarai awak media mengatakan, bagaimana Sabang ini bisa hidup, jadi harus cruise yang singgah, dan yang paling penting adalah bagaiman BPKS menyediakan sarana pendukung supaya turis yang singgah disini ada nilai tambahnya.

"Diharapakan kedepan akan ada beberapa kapal pesiar yang mau singgah, dan tentunya itu semua harus dipersiapkan kebutuhan-kebutuhan penunjangnya dalam rangka untuk memajukan Kawasan Sabang," ujar Mawardi.

Lebih lanjut Bupati Aceh Besar menjelaskan, kerja sama IMT-GT ini sangat bagus, tapi jika kerja sama ini tidak ditindak lanjuti dengan adanya kegiatan kapal yang singgah di kawasan Sabang ini, tentu hal ini tidak ada gunanya.

“Oleh karenanya kita akan sangat mendukung kegiatan ini bersama Pemko Sabang dan BPKS, selaku dewan Kawasan Sabang, tentu kita akan dorong supaya maju supaya ada yang berinvestasi, bisnis orientasinya ada, termasuk juga di Pulau Aceh," ungkap Mawardi Ali.

"Pulau Aceh bagian dari Kawasan Sabang yang juga perlu mendapat perhatian, kedepan akan ada kegiatan-kegiatan yang bisa dilaksanakan disana, sehingga Pulau Aceh juga hidup dan berkembang," ucap Bupati.

Ditambahkan Mawardi, Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, berkomitmen memajukan kerjasama regional antar kabupaten/kota di bidang pariwisata dan kegiatan yang lainnya, untuk mendukung perkembangan masing-masing daerah.

"Tiga kawasan ini sangat strategis untuk saling bekerjasama meningkatkan pelayanan dan memajukan pariwisata, dimana hal ini tentu ada keterkaitannya dengan kegiatan IMT-GT Cruise Business Forum," pungkasnya.

Penulis : Windi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com