14 Maret 2020 | Dilihat: 348 Kali
Polisi Amankan Beruang Madu dari Rumah Warga di Simeulue
noeh21
Polisi amankan beruang madu dari rumah warga Simeulue
 

IJN - Simeulue I Tim dari Tindak Pidana Tertentu Satuan Reserse Kriminal Polres Simeulue berhasil mengamankan seekor beruang madu berusia 1,8 bulan dari milik salah seorang warga di Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Sabtu, 14 Maret 2020.
 
Sebelumnya pada Jumat (13/03) malam, polisi mendapatkan informasi dari salah seorang Anggota Koramil Simeulue Timur, Sertu Indarus terkait adanya kepemilikan satwa yang dilindungi, beruang madu dalam bahasa ilmiahnya Helarctos malayanus. Dari rumah SR (50) beruang madu yang berada di dalam kandang besi dibawa ke Polres Simeulue untuk diamankan.
 
Kepada awak media, Kapolres Simeulue, AKBP Agung Surya Prabowo,SIK mengatakan berawal informasi dari unggahan media sosial salah seroang anggota Koramil Simeulue Timur, yakni Sertu Indarus S yang mengatakan bahwa adanya warga di Desa Air Dingin yang memelihara seekor beruang madu.
 
Kemudian polisi bergerak menuju ke lokasi untuk kemudian mengamankan satwa yang dilindungi tersebut.
 
"Informasi yang di upload di Medsos kemudian polisi melalukan pengecekan di lokasi untuk membenarkan keberadaan beruang madu," kata Kapolres Simeulue, AKBP Agung Surya Prabowo.
 
Pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan BKSDA Aceh untuk menyerahkan beruang madu tersebut di dalam waktu dekat ini.
 
Dijelaskan oleh Kapolres Simeulue bahwa saat ini pihaknya tengah menunggu kedatangan tim BKSDA Aceh untuk menjemput beruang madu agar dibawa ke Banda Aceh untuk menjalani proses karantina.
 
Untuk pemilik hewan beruang madu tidak ditahan, karena menurut Kapolres Simeulue pemilik sangat koperatif dan tidak menghalangi saat dilakukan pengambilan beruang madu tersebut.
 
Selain itu pemilik juga telah lama berniat ingin menyerahkan beruang madu kepada pihak berwajib karena merasa keberatan biaya mengurus beruang madu itu.
 
Sebelumya pemilik beruang madu mendapatkan hewan tersebut dari Tapanuli Utara, Sumut. Pada saat baru berusia seminggu dia membawa hewan tesebut ke Pulau Simeulue.
 
Penulis : AA
Editor    : Mhd Fahmi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com