21 Februari 2020 | Dilihat: 317 Kali
Polres Sabang Tanam Manggrove Bersama Masyarakat
noeh21
 

IJN - Sabang | Usaha Melestarikan alam bagi kelangsungan hidup dimasa mendatang, Polres Sabang bersama dengan sejumlah elemen masyarakat melakukan penanaman manggrove di pesisir pantai Gampong Jaboi Kota Sabang, Jumat, 21 Februari 2020.
 
Kapolres Sabang, AKBP Muhammadun, SH usai melakukan penanaman ribuan pohon manggrove kepada media Indojayanews.com mengatakan, tujuan penanaman manggrove ini untuk menjaga alam agar tetap lestari sehingga dapat dirasakan oleh anak cucu kita nantinya.
 
"Penanaman pohon manggrove ini bertujuan untuk menjaga alam sekaligus edukasi bagi anak-anak masa belajar tingkat sekolah dasar, sehingga mereka bisa mengerti dan memahami betapa pentingnya melestarikan alam, terutama alam pesisir," kata Kapolres. 
 
Menurutnya, penanaman manggrove ini juga guna menunjukan peran Polisi dalam mengembangkan potensi wisata yang menjadi ikon utama Pemko Sabang. 
 
Muhammaddun juga mengatakan, Kemungkinan besar dalam waktu dekat ini, pihaknya akan wacanakan penanaman rumput khusus di Sabang, rumput tersebut sangat bagus untuk memperkuat alam dari longsor, abrasi dan sebagainya.
 
"Selain mencegah abrasi penanaman manggrove juga sebagai gerakan penghijauan di kawasan pesisir serta menanamkan rasa kepedulian lingkungan di kalangan generasi muda dan anak-anak usia dini," terangnya.
 
Lanjut dikatakan Kapolres, penanaman mangrove sebagai upaya penyelamatan pantai dari kerusakan agar terhindar dari bencana. Sehingga, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem dan menanamkan kepedulian lingkungan sejak dini. 
 
Terakhir, Kapolres AKBP Muhammadun, SH menyampaikan salam dan terimakasih dari Dirpolair Polda Aceh, yang seharusnya ikut hadir pada penanaman manggrove tersebut. Namun dikarenakan lain hal maka tidak dapat ikut menanam manggrove di Sabang.
 
Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Faisal,S.Sos menambahkan, banyak ikon wisata yang sangat menjanjikan bagi pengembangan potensi pariwisata Sabang, maka diharapkan kegiatan serupa kiranya dapat ikut dilakukan instansi lainnya.
 
"Kita berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian saja, akan tetapi dapat diikuti instansi lainnya, untuk menjaga dan mengembangkan wisata Sabang," harap Faisal.
 
Turut hadir penanaman manggrove tersebut seluruh perwira Polres Sabang, seluruh personil Polres Sabang, PMI Kota Sabang, Babinsa Gampong Jaboi, Aparatur Gampong Jaboi, masyarakat Jaboi dan anak-anak Sekolah Dasar (SD) Gampong Jaboi.
 
Penulis : Iin
Editor    : Mhd Fahmi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com