07 Agustus 2019 | Dilihat: 261 Kali
Puluhan Remaja Aceh Singkil Dibekali Bimwin
noeh21
Kantor Kementerian Agama Aceh Singkil, melakukan Bimbingan Perkawinan pra nikah kepada puluhan remaja daerah setempat, diaula Kantor kemenag.
 

IJN - Aceh Singkil | Sejumlah puluhan remaja Kabupaten Aceh Singkil, diberi pembekalan Bimbingan Perkawinan Pra-Nikah.
 
Dalam kegiatan yang dilaksanakan diKantor Kementerian Agama Aceh Singkil, selama dua hari itu Rabu-Kamis, 7-8 Agustus 2019, diikuti, 50 orang peserta yang terbagi, 30 peserta calon pengantin dan 20 peserta remaja yang telah memasuki usia 21 tahun berasal dari masyarakat, mahasiswa dan mahasiswi setempat.
 
Kepala Kemenag Aceh Singkil melalui Kasi Bimas Islam, Hendra Sudirman, S Sos. I, saat membuka acara, Rabu 7 Agustus 2019 mengatakan, Bimbingan Perkawinan pra nikah tersebut dilakukan untuk memberikan motivasi dan pemahaman bagi remaja dalam merancanakan pernikahan.
 
"Dengan harapan, setiap calon pengantin nantinya dapat memiliki pengetahuan dan persiapan yang lebih matang dikala hendak membangun rumah tangga. Sehingga terciptanya keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah, bahagia lahir bathin," ujar Hendra Sudirman.
 
Hendra menambahkan, kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra-Nikah ini akan dilaksanakan dengan 12 angkatan, serta pada setiap Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil.
 
"Setiap peserta mendapatkan buku pedoman fondasi untuk membangun keluarga yang sakinah dan sertifikat yang berguna ketika para peserta hendak melakukan pendaftaran pernikahan ke KUA setempat secara otomatis akan dibebaskan kewajiban SUSCATIN (Kursus Calon Pengantin) mandiri," jelasnya.
 
"Setidaknya sebelum melakukan pernikahan, calon pengantin dapat melihat dan memiliki kriteria diantaranya, tahu tentang agama, sayang kepada ibunya dan tidak meninggalkan Shalat," pungkasnya.
 
Pada pembukaan acara yang menghadirkan dua nara sumber dihadiri, Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Aceh Singkil, Suhardiman, MM, Kasi PHU Kemenag, Istadi Putra, M. Ag, serta undangan lainnya.
 
Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com