15 Juni 2019 | Dilihat: 772 Kali
Layani Masyarakat di Empat Desa
Puskesmas Lamerem Diresmikan
noeh21
Bupati Simeulue dan Wakil Bupati Simeulue saat memperlihatkan prasasti Puskesmas Lamerem, foto direkam pada Sabtu (15/06/2019).
 

IJN - Simeulue I Puskesmas Desa Lamerem resmi dioperasikan setelah Bupati Simeulue melakukan peresmian Puskesmas yang berada di ujung barat Pulau Simeulue pada Sabtu (15/06).

Acara peresmian Puskesmas Desa Lamerem tersebut juga turut dihadiri Wakil Bupati Simeulue, Ketua DPRK Simeulue serta bersama beberapa kepala SKPK.

Camat Alafan Edi Rahman, S.IP pada sambutannya mengatakan, Puskesmas Lamerem merupakan impian masyarakat yang berada di Kecamatan Alafan terutama yang berada di mukim Nasra. Hal itu dikarenakan akses masyarakat jauh menuju ibukota kecamatan untuk mendapatkan perawatan serta pelayanan kesehatan.

"Kondisi jalan yang belum diaspal dan tidak serta tersedianya jaringan telekomunikasi menjadi kendala masyarakat sulitnya mendapatkan pelayanan kesehatan,"kata Camat Alafan, Edi Rahman.

Hal senada juga diungkap oleh Kadis Kesehatan Asludin, SE, M.Kes, dirinya mengatakan pelayanan kesehatan merupakan hak mendasar masyarakat.

Selama ini masyarakat di kecamatan yang berada di paling ujung Pulau Simeulue, sangat sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dikarenakan jarak yang jauh terutama bagi ibu hamil pada saat emergency (keadaan darurat).

"Dengan kehadiran puskesmas bisa meminimalisir angka kematian ibu melahirkan,"ungkap Kepala Dinas Kesehatan Simeulue, Asludin.

Puskesmas Lamerem juga memiliki fasilitas penunjang kesehatan yang telah teregestrasi pada Kementerian Kesehatan pada awal Januari 2019 lalu.

Asludin juga menjelaskan bahwa tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Lamerem berjumlah enam belas orang terdiri dari enam orang yang berstatus PNS, selebihnya masih berstatus kontrak serta bakti.

Puskesmas Lamerem juga telah mendapatkan jatah penambahan tenaga medis baik dari yang berstatus CPNS dan rekrutmen tenaga kontrak baru yang belum lama ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Simeulue.

Lima CPNS sudah bertugas di puskesmas yakni dokter umum sebanyak satu orang, bidan satu orang, perawat dua orang, farmasi satu orang.

Sementara Bupati Simeulue H.Erli Hasyim,SH,S.Ag,M.I.Kom mengatakan berdirinya Puskesmas Lamerem diperuntukkan untuk mukim nasera empat desa dari Serafon, Lhok Pauh, Lamerem dan Lewak.

Pembangunan Puskemas merupakan visi dan misi di masa pemerintahan nya, karena jangkauan desa yang berada jauh dari puskesmas yang berada di Desa Langi yang merupakan ibukota Kecamatan Alafan.

Erli Hasyim juga meminta kepada petugas medis untuk menumbuhkan rasa memiliki dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati juga tak ingin lagi mendengarkan adanya laporan masyarakat masih ada kekosongan tenaga medis yang tidak bertugas di Puskesmas, sebab bisa menyebabkan kelalaian dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com