28 Agustus 2019 | Dilihat: 212 Kali
Realisasi Dana BUMK di Aceh Singkil Belum Maksimal
noeh21
Sekda Aceh Singkil, Drs.Azmi, saat melakukan pertemuan dengan para SKPK, Camat, di Opp Room Kantor Bupati setempat.
 

IJN - Aceh Singkil | Dalam realisasi penggunaan anggaran dana desa (ADD) untuk pemanfaatan dana Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) diKabupaten Aceh Singkil masih banyak belum maksimal.
 
"Bahkan banyak Pemerintah Kampung hanya sedikit mengalokasikan anggaran untuk BUMK nya," ucap Camat Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Johan Fahmi Sanif, saat melakukan pertemuan, di Opp Room, Kantor Bupati setempat, Rabu, 28 Agustus 2019.
 
"Ironisnya lagi, sudah anggarannya sedikit banyak pula dana untuk BUMK yang silpa dan dipinjam oleh sang Kepala Kampung, yang diduga tak kunjung dikembalikan," ujarnya.
 
Dengan begitu wajar dari pantauan banyak BUMKamp di Kabupaten Aceh Singkil tidak berjalan maksimal.
 
Menanggapi hal tersebut, Sekda Aceh Singkil, Drs.Azmi mengakui masih banyak sumber daya manusia yang dimiliki Pemerintah Kampung terbatas.
 
Namun, untuk membatasi ruang gerak oknum Kepala Kampung semena-mena terhadap penggunaan anggaran dana desa seperti untuk dan BUMK, akan dibuat aturannya dalam peraturan Bupati. 
 
Dalam Perbub nantinya akan diatur tata cara pencairan penggunaan dana BUMK maupun untuk lainnya. "Bila perlu kita buat SOPnya," ujar Sekda.
 
"Apabila ada oknum Kepala Kampung yang menggunakan dana desa tidak sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku, maka siap-siap berhadapan dengan hukum," tegasnya.
 
Sementara dari pantauan dan informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, banyak keberadaan BUMK Kampung dalam Kabupaten Aceh Singkil tidak berjalan maksinal dan belum berpengaruh signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat desa.
 
Penulis : Erwan
Editor    : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com