12 Maret 2020 | Dilihat: 2193 Kali
Kawal 15 Program Aceh Hebat
Relawan Bakal Gelar Aksi Demo Minta Plt Gubernur Bertanggung Jawab, Ini Jadwalnya
noeh21
Relawan Irwandi-Nova saat kampanye Pilkada 2017/Net
 

IJN - Banda Aceh | Relawan pemenangan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, bakal menggelar aksi demonstrasi mengawal janji dan meminta Nova Iriansyah merealisasikan 15 Program Aceh Hebat yang digagas Irwandi-Nova pada Pilkada 2017 lalu.

Koordinator Relawan Silaturrahmi Luar Biasa (SLB) Irwandi-Nova, Mukhtaruddin Maop, kepada Media INDOJAYANEWS.COM, Kamis 12 Maret 2020, mengatakan aksi tersebut merupakan bukti ia menepati janjinya sebagaimana statemen sebelumnya.

Baca: Relawan Mulai Habis Kesabaran, Bakal Geruduk Kediaman Nova Iriansyah

Rencana demo bakal berlangsung sesuai kebutuhan, kata Muktaruddin Maop. "Jika saat kita demo segera ada solusi, maka kita hentikan," ungkapnya. Tapi, jika Plt Gubernur Aceh tidak merespon, maka aksi demo tersebut bakal digelar hingga 25 Maret 2020.

"Daerah sudah kita konfirmasi kepada ketua ketua daerah, ketua wilayahnya, mereka siap bergerak. Mereka hanya tinggal menunggu instruksi saja," Katanya.

Para relawan dari seluruh Aceh diperikirakan mulai berangkat pada 15 Maret. "Lokasi aksi pertama kita lakukan di Kantor Gubernur. Jika pada saat aksi (Nova Iriansyah) tidak di kantor, maka kita menuju ke Pendopo," bebernya.

Maop menyebut aksi demo tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan pihak lain. "Ini persoalan internal. Kita hanya minta pertanggung jawaban kandidat nomor 6," tegasnya.

Alasan relawan menggelar aksi demo, menurut Maop, karena relawan mempunyai hutang moral kepada masyarakat Aceh. Sebab pada 2017 lalu sudah berusaha keras memenangkan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, tapi kondisi Aceh saat ini dinilai jauh dari harapan.

Untuk diketahui, Aceh memang mampu menurunkan angka kemiskina seperti disosialisasikan oleh Pemerintah Aceh melalui berbagai baliho di banyak kantor dinas beberapa waktu lalu. Namun begitu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh masih menjadi daerah urutan pertama termiskin di Sumatera.

"Sesuai dengan Pakta Integritas Relawan, yang ditandatangani oleh kandidat nomor 6 Irwandi-Nova. Hari ini relawan terkatung-katung, bahkan sudah dituntut hutang moral oleh masyarakat, janji-janji saat Pilkada," jelasnya.

Muktaruddin Maop juga mengaku telah menyiapkan sejumlah poin dan tuntutan kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Tuntutan tersebut kata Maop, bakal diserahkan pada saat Nova merespon dan mau menemui relawan nantinya.

Berdasarkan surat yang diperlihatkan Mukhtaruddin Maop, pihaknya telah mengurus dan memperoleh izin untuk melakukan aksi. Jadwal yang diberikan mulai 16 hingga 25 Maret 2020.

Penulis: Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com