25 Mei 2019 | Dilihat: 90 Kali
Ribuan Anak Yatim Di Aceh Singkil Terima Santunan
noeh21
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, saat buka puasa bersama anak yatim, dipendopo. Foto Erwan
 

IJN - Aceh Singkil | Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Kantor Baitul Mal, menyantuni ribuan orang anak yatim piatu yang ada di 11 Kecamatan dalam daerah setempat.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid melalui Ketua Baitul Mal, Ali Sadikin, Jumat, 24 Mei 2019, mengatakan untuk tahun ini Pemkab setempat memberikan santunan sebanyak 1700 orang anak yatim piatu daerah setempat.

Ali Sadikin mengatakan, saat Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid melakukan buka puasa bersama di pendopo, Jumat, 25 Mei 2019, pihak Pemkab menyerahkan secara simbolis santunan kepada 700 orang anak yatim piatu.

"Karena diawal bulan ramadhan 1440 Hijriah ini, pihaknya sudah menyerahkan sebanyak 1000 orang santunan kepada anak yatim daerah setempat, " ucap Ali Sadikin.

Setelah diserahkannya secara simbolis, sisa santunan yang belum tersalurkan akan disalurkan pihak Baitul Mal kemasing-masing desa yang ada di 11 Kecamatan, dalam Kabupaten Aceh Singkil,jelasnya.

Selain itu,  sesuai dengan data Baitul Mal tahun 2019 ini jumlah Fakir Miskin yang ada di Kabupaten Aceh Singkil sebanyak 3.800 orang, juga akan disantuni dengan diberi uang sebesar Rp. 200 ribu perorangnya plus kain sarung.
Untuk santunan tersebut, akan langsung didistribusikan oleh Baitul Mal Aceh Singkil ke masing-masing desa.

Disamping itu, Pemkab Aceh Singkil juga memberikan santunan kepada 150 orang guru pengajian dan imam meunasah daerah setempat yang tak tersentuh dengan anggaran dana desa.
Untuk masing-masing guru pengajian dan imam meunasah tersebut, akan mendapat santunan sebesar Rp.400 ribu, jelasnya.

Dengan begitu, di bulan suci ramadhan 1440 H/2019 ini, Pemkab Aceh Singkil melalui Baitul Mal, menyalurkan santunan sebanyak 5.650 orang terdiri dari, 1700 orang anak yatim piatu, 3.800 orang fakir miskin, dan 150 orang guru pengajian serta imam meunasah, ungkap Ketua Baitul Mal.

Sedangankan untuk pendapatan ZIS Aceh Singkil yang terkumpul tahun ini meningkat dari tahun lalu. "Tahun ini ada sebanyak Rp.6.300.000 ( enam milyar tiga ratus juta), yang terkumpul. Dengan rincian 3.300.000 dari dana zakat, dan 3 Milyar dari Infaq", ujarnya.

Penulis : Erwan
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com