27 Januari 2020 | Dilihat: 98 Kali
Ribuan Peserta CPNS di Aceh Singkil Ikuti Ujian CAT
noeh21
Kepala BKPSDM Aceh Singkil, Ali Hasmi, saat ditemui wartawan dilokasi ujian tes CPNS setempat, Senin (27/1/2020).
 

IJN - Aceh Singkil | Sejumlah ribuan pelamar yang lulus administrasi mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Aceh Singkil, digedung Dinas Kesehatan setempat, Senin-Kamis, 27-30 Januari 2020.
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil, Ali Hasmi, kepada IJN mengatakan, dari jumlah pendaftar sebanyak 1753 orang, hanya 1604 pelamar yang dinyatakan memenuhi persyaratan mengikuti ujian tes CPNS.
 
"Dari ribuan peserta yang bertarung dalam tes CPNS Aceh Singkil tahun 2020 ini memperebutkan kursi pegawai Aceh Singkil 182 orang. Terdiri dari tenaga pendidikan 106 farmasi, tenaga kesehatan 65 farmasi, dan tenaga teknis sebanyak 11 farmasi," jelas Ali Hasmi.
 
Ali Hasmi mengatakan, dalam pelaksanaan ujian tes CPNS Aceh Singkil dihari pertama ini tidak ada kendala. 
 
"Alhamdulillah dalam sesi pertama dan kedua pelaksanaan ujian tes CPNS, sudah ada sekira 24 peserta yang lulus passingrade," ungkap Ali.
 
Sesuai dengan pengumuman yang dibuat untuk sesi pertama dimulai pukul 08.00 wib, bagi peserta satu jam sebelum pelaksanaan harus sudah berada di lokasi ujian. Sehingga apabila ada peserta yang terlambat tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur.
 
Disamping itu, Kepala BKPSDM menghimbau agar peserta jangan mudah percaya kepada oknum-oknum yang mengatasnamakan baik pihak BKPSDM atau pihak lainnya mengaku bisa meluluskan peserta. Karena itu suatu penipuan dan hoax.
 
"Apabila ada menemukan oknum dari pihak BKPSDM atau pihak lainnya yang mengaku bisa meluluskan peserta tes, diminta untuk melaporkannya kepada pihak terkait dan penegak hukum," tegasnya.
 
"Bagi peserta yang dinyatakan lulus tahap pertama ini, maka akan diikutkan dalam seleksi kompetisi bidang (SKB) selanjutnya baru diintegrasi nilai dan diumumkan siapa yang lulus," ujar Ali Hasmi.
 
Sebelumnya, Kasubbid Formasi dan Pengadaan Aparatur BKPSDM Aceh Singkil, Saddam Ihyaulumuddin, SH mengatakan, dalam ujian tes CPNS perharinya akan dilaksanakan dalam 4 sesi sesuai dengan nomor urut ujian yang dimiliki peserta.
 
"Untuk hari pertama sampei ketiga pelaksanaan ujian CPNS persesinya diikuti 100 orang pelamar.
Namun, berbeda di hari keempat pelaksanaan ujian tes CPNS, masing-masing sesi akan diikuti 101 orang pelamar," tutupnya.
 
Penulis : Erwan
Editor    : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com