19 September 2019 | Dilihat: 247 Kali
Ribuan Plat Nomor Menumpuk Di Samsat Abdya
noeh21
 

IJN - Abdya | Ribuan keping plat nomor kendaraan bermotor menumpuk di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Aceh Barat Daya. Satlantas setempat menghimbau masyarakat agar segera mengambil Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) di tempat tersebut.

"Kami himbau kepada seluruh masyarakat Abdya yang merasa memiliki, agar segera mengambil plat nomor di kantor Samsat," kata Kasat Lantas Polres Abdya Iptu Ade Taufik, di Blangpidie, Rabu 18 September 2019.

Kasat Lantas menyebutkan karena pemilik kendaraan tidak pernah mau mengambil, jumlah TNKB di Samsat kini telah mencapai ribuan keping. Jumlah ini terus terkumpul sejak dari tahun 2017. 

"Setiap lima tahun sekali masyarakat mengurus perpanjangan STNK. Dalam pengurusan tersebut sudah termasuk biaya pembuatan TNKB. Nah.. setelah selesai kita buat, rata-rata TNKB nya itu tidak diambil," paparnya.

Kaitannya dengan itu Kasat Lantas menyayangkan, jika TNKB yang telah dibayar warga tidak diambil dan dipakai sebagaimana mestinya. Alhasil plat nomor kendaraan terus semakin menumpuk di ruang Samsat.

Petugas selama ini telah berupaya menghubungi kembali satu persatu nomor HP para pemilik TNKB sesuai dengan data yang ditinggalkan, namun banyak nomor yang tidak lagi aktif.

Dalam pembuatan TNKB, Samsat bekerja sama dengan rekanan pihak ketiga. Setiap bulan Samsat mengordernya, dan akan langsung dikirim oleh rekanan bila TNKB itu telah selesai dibuat.

"Kami beritahukan kepada seluruh masyarakat silahkan ambil TNKB nya di kantor Samsat. Syaratnya cukup tunjukan surat kendaraan kepada petugas," tandasnya.

Penulis : Heri Purwanto
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com