01 Agustus 2022 | Dilihat: 54 Kali
RKCA Aceh Barat Dampingi Anggota Donor Darah untuk Warga
noeh21
Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Rimueng Kila Center Atjeh (RKCA) Kabupaten Aceh Barat, dampingi langsung anggotanya dalam giat Donor darah
 

IJN - Aceh Barat | Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Rimueng Kila Center Atjeh (RKCA) Kabupaten Aceh Barat, dampingi langsung anggotanya dalam giat Donor darah untuk pasien melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhin Meulaboh. 
 
Ketua DPD RKCA Aceh Barat Teuku Salahuddin dengan sapaan Ampondin, begitu mendengarkan warga membutukan pertolongan darah, langsung menghubungi pengurus DPD RKCA Aceh Barat agar bisa memberikan pertolongan. 
 
Ampon Din juga mengukapkan yang bahwa Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial di Visi RKCA dengan tujuan untuk membantu sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah.
 
"Bila ditelisik dari segi kesehatan, tak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, pendonor juga mendapatkan manfaat besar bagi kesehatan,"kata Ampon Din, Senin 1 Agustus 2022.
 
Dia menegaskan, pengurus RKCA Aceh Barat demi kemanusian, siap kapan saja menjadi pendonor, bahkan tak hanya di bidang donor darah, namun di bidang bencana juga bisa membantu warga.
 
Ampon Din juga menjelaskan, manfaat donor darah dapat mengurangi penyakit jantung, salah satu manfaat kesehatan mendonor darah secara teratur membuat jantung senantiasa sehat. 
 
"Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulasi darah Anda akan menjadi lebih baik, jantung akan terlatih untuk terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan menjadikan tubuh lebih sehat serta mengurangi Anda menderita penyakit jantung,"jelasnya.
 
Lanjut tambahnya, mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh.
 
"Bayangkan saja, ketika darah yang anda donorkan sebanyak 450 ml, maka anda pun kehilangan sekitar 650 kalori, dan menurunkan risiko kanker,"tambahnya.
 
Ia menyebut, selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. 
 
"Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan, meningkatkan produksi darah, bahkan manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru,"demikian Teuku Salahuddin. (Ril)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com