24 Maret 2020 | Dilihat: 230 Kali
RSUD Subulussalam Siapkan Ruang Isolasi Khusus dan Obat Bagi PDP
noeh21
Humas RSUD Subulussalam, dr. Diana Dewi
 

IJN - Subulussalam | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Subulussalam telah menyiapkan ruangan isolasi khusus bagi pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus corona atau Covid-19.

Langkah itu sebagai upaya antisipasi jika rumah sakit rujukan menolak pasien yang dirujuk lantaran banyak pasien yang ditangani " hal ini sebagai bentuk antisipasi kita untuk waspada dan cepat tanggap terkait antisipasi penyebaran virus " kata Humas RSUD Subulussalam, dr. Diana Dewi saat menggelar konferensi pers di pendopo Walikota, Selasa 24 Maret 2020.

Diana Dewi menambahkan, saat ini ada kendala yang mereka hadapi yaitu alat pelindung diri di RSUD masih terbatas dan baru memiliki 5 pieces. Namun, kata Diana Dewi, hari ini ia mendapat informasi dari Sekretaris RSUD bahwa dalam waktu dekat alat pelindung diri sudah tersedia sebanyak 40 pieces " Alhamdulillah, barusan saya mendapat informasi dalam waktu dekat alat pelindung diri masuk sebanyak 40 pieces " katanya.

Selain itu, Diana Dewi juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan tim gerak cepat yang tergabung dari dokter dan perawat khusus menangani pasien PDP dan sudah melakukan simulasi cara penanganan pasien PDP. Sedangkan Untuk obat-obatan, RSUD juga akan menyediakan khusus pasien dalam pengawasan.

Ditempat yang sama, Kepal Dinas Kesehatan setempat, Munawaroh mengatakan saat ini pihaknya telah mencatat 55 orang kategori karantina mandiri dan 3 orang dalam pemantauan (ODP). Ke 55 orang tersebut sedang mengikuti 14 hari karantina mandiri di rumah masing-masing dan selalu dipantau dari pihak medis setiap harinya.

Munawaroh juga berharap kepada ASN dan yang baru pulang dari luar daerah untuk tetap kooperatif dan mengikuti saran dari pihak medis agar melakukan karantina mandiri selama 14 hari atau melapor ke pihak medis agar dilakukan pemeriksaan kesehatan yang bersangkutan.

Penulis : AB
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com