10 April 2023 | Dilihat: 100 Kali
Rutan Banda Aceh Teken Kerja Sama dan Gelar Rehabilitasi Medik dengan RSJ
noeh21
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banda Aceh menggelar kegiatan pembukaan Rehabilitasi Medik penyalahgunaan narkoba bagi Warga binaan dan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Aceh, Senin 10 April 2023.
 

IJN - Banda Aceh | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banda Aceh menggelar kegiatan pembukaan Rehabilitasi Medik penyalahgunaan narkoba bagi Warga binaan dan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Aceh, Senin 10 April 2023.
 
Kegiatan yang berlangsung di Gazebo Rutan Banda Aceh ini turut di hadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Aceh, Kepala BNN Kota Banda Aceh, Kepala Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh dan perwakilan IKAI Aceh serta seluruh Kepala dan perwakilan UPT Pemasyarakatan Banda Aceh.
 
Kegiatan tersebut diawali dengan Laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Banda Aceh, Rian Firmansyah.

Dalam laporan, Karutan Rian Firmansyah menyampaikan dari 64 warga binaan Rutan Banda Aceh telah dilakukan scrining dan hasilnya sebanyak 20 warga binaan saja akan mengikuti kegiatan Rehabilitasi Medik Tahun 2023 ini.
 
“Sebagai salah satu dari 40 UPT Pemasyarakatan Percontohan Pelayanan Kesehatan di Indonesia, kami terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik, Salah satunya dengan dengan dilaksanakan kegiatan Rehabilitasi Medik bagi warga binaan Rutan Banda Aceh,"kata karutan
 
Kemudian, ia menyebutkan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Kepala Rutan Banda Aceh dengan Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh yang di saksikan oleh Kepada Divisi Pemasyarakatan Kumham Aceh dan tamu undangan.

Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Aceh, dr. Makhrozal menyampaikan, bahwa kegiatan Kerjasama Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh dan Rutan Banda Aceh ini dalam rangka memberikan bantuan pelayanan kesehatan bagi warga binaan Rutan Banda Aceh 

"Kegiatan ini untuk memberi pelayanan kesehatan bagi warga binaan  yang mengalami masalah kejiwaan untuk dilakukan rujukan ke Rumah sakit jiwa Provinsi Aceh baik Rujukan jalan ataupun Rawat Inap,"katanya.

Ia berharap kegiatan Rehabilitasi medik di Rutan Banda Aceh memberikan dampak positif bagi warga binaan terkait dengan edukasi terkait dengan dampak dan cara mengatasi sugesti atau rasa ingin menggunakan kembali Narkotika.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh, Yudi Suseno dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan rehabiltasi medik di Rutan Banda Aceh.

"Kita mengajak seluruh warga binaan yang mengikuti kegiatan rehabilitasi medik ini untuk yakin dan berkomitmen pada diri sendiri untuk menghindari narkotika agar menjadi pribadi yang lebih baik kedepanya," ucapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan menyetakan kalung tanda peserta kepada perwakilan Warga Binaan Rehabiltasi medik oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan kumham Aceh, Kepala BNN Kota Banda Aceh, Kepala Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh dan Karutan Banda Aceh. Di akhir kegiatan ditutup dengan pembacaan doa. []
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com