12 November 2022 | Dilihat: 112 Kali
Sabang Butuh Arsitek Handal, Ikatan Arsitek Indonesia Siap Bermitra Bangun Kota Wisata
noeh21
Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, ketika melakukan diskusi dan kunjungan lapangan bersama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di situs Asrama Haji Pulau Rubiah, Gampong Iboih Sabang, Sabtu 12 November 2022.
 

IJN - Sabang | Kota Sabang merupakan daerah kota wisata, untuk meningkatkan daya tarik pariwisata, Sabang sangat membutuhkan arsitek - arsitek handal terutama dalam membantu pemerintah untuk mendesain bangunan dan menata kawasan objek wisata, khususnya wisata heritage.
 
Hal tersebut diungkapkan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, ketika melakukan diskusi dan kunjungan lapangan bersama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di situs Asrama Haji Pulau Rubiah, Gampong Iboih Sabang, Sabtu 12 November 2022. 
 
PJ Wali Kota Sabang berharap, IAI dapat memberikan kontribusi dalam penataan Kota Sabang, yang merupakan salah satu destinasi wisata berbasis wisata bahari dan wisata budaya.
 
"IAI yang di dalamnya terdapat banyak ahli-ahli arsitektur handal, sangat kita butuhkan dalam pengembangan wisata di Sabang sebagai salah satu kota tujuan wisata. Baik dalam penataan kota, pengembangan destinasi baru, dan juga tentunya menyangkut dengan wisata heritage di kota Sabang ," kata Reza Fahlevi.
 
Reza Fahlevi berharap adanya dukungan dari IAI, terkait reservasi dan pelestarian bangunan-bangunan yang ada di Sabang. Juga terkait tahapan-tahapan pengembangannya agar sesuai kaidah-kaidah pelestariannya, serta pengembangan arsitektur, khususnya bangunan-bangunan tua, seperti di situs Karantina Haji Pulau Rubiah.
 
Hal ini disambut baik dan mendapat respon positif dari Ketua Umum IAI Ar. Georgius Budi Yulianto, pihaknya menyatakan siap membantu dan bermitra dengan Pemerintah Kota Sabang, dalam mendukung segala upaya konservasi terhadap situs-situs bersejarah di Indonesia dan di Sabang khususnya. 
 
"Di Indonesia ini banyak situs konservasi terbengkalai yang mungkin orang belum kenal dan belum tau, nantinya Itu akan kita coba dorong secara nasional, kita gali potensi cerita historisnya lebih banyak lagi yang bisa menambah nilai wisatanya menjadi lebih baik," ujarnya.
 
Menurutnya, Sabang memiliki sejarah yang panjang dan seharusnya banyak hal bisa dilakukan untuk memajukan pariwisata Sabang. Namun, keadaan ini terbentur permasalahan pada regulasi yang harus lebih dipikirkan agar mampu mengembangkan pariwisata Sabang lebih baik lagi.


Penulis: IIN
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com