20 Desember 2023 | Dilihat: 110 Kali
Sah, Asnawi Kumar Resmi Dilantik sebagai Ketua FPRMI Aceh
noeh21
Ketua Umum FPRMI Pusat, Bernadus Wilson Lumi (kiri) menyerahkan SK Kepengurusan kepada Ketua FPRMI Aceh, Asnawi Kumar, pada acara Rakernas I FPRMI di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/12/2013). (Foto: HT Maimun Umar/Dok. FPRMI Aceh)
 

IJN - Jakarta | Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Pos Aceh, Asnawi Kumar, resmi dilantik sebagai Ketua Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI) Aceh periode 2023-2027. 

Prosesi pelantikan dilakukan serentak bersama tiga ketua FPRMI provinsi lainnya oleh Ketua Umum FPRMI Pusat, Bernadus Wilson Lumi, di Ruang Delegasi Lt. 2 Nusantara 5, Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Selasa 19 Desember 2023.

Ketiganya masing-masing Khairul Amri, Heru Siswanto, dan Donny Irawan, masing-masing sebagai Ketua FPRMI Provinsi Riau, Sumatera Selatan (Sumsel), dan Lampung periode empat tahun ke depan (2023-2027).

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Ketua Umum FPRMI Pusat, Bernadus Wilson Lumi. SK yang dibuat secara terpisah itu kemudian diserahkan kepada keempat ketua FPRMI provinsi yang dilantik tersebut, termasuk Aceh.

Terpilih secara Aklamasi

Seperti diketahui, Pemred Media Pos Aceh, Asnawi Kumar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua FPRMI Aceh periode 2023-2027 dalam satu pertemuan yang difasilitasi Serikat Perusahaan Pers (SPS) Aceh, di Banda Aceh, Minggu 08 Oktober 2023 lalu.

Tujuan dibentuknya FPRMI sebagaimana termaktub dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FPRMI antara lain untuk mengembangkan ekosistem pemberitaan yang bertanggung jawab dalam industri media yang sehat, mandiri, dan bermartabat.

Peserta yang hadir waktu itu antara lain, Pemred Modus Aceh Muhammad Saleh, Pemred Media Aceh HT Maimun Umar, Pemred Pena Post Muhammad Zairin, dan Pemred Rakyat Aceh Sulaiman, secara aklamasi memilih Asnawi Kumar, Pemred Media Pos Aceh menjadi Ketua FPRMI Aceh periode 2023-2027.

Selain memilih ketua, pada saat yang sama forum rapat juga memilih dan menyepakati susunan lengkap Pengurus FPRMI Aceh. Berikut susunan lengkap Pengurus FPRMI Aceh periode 2023-2027:

Dewan Pembina: Muktarruddin (Media Aceh); Dewan Penasehat: Muhammad Saleh, SE, MM (Modus Aceh);
Ketua: Asnawi Kumar (Media Pos Aceh); Sekretaris: HT Maimun Umar, SE MM (Media Aceh); Bendahara: Muhammad Zairin (Pena Post);
Anggota: T. Haris Fadillah (Suara Aceh); M Nazar (Bithe); Amiruddin (VOA); Arsadi Laksamana; Sulaiman (Rakyat Aceh). 

Rakernas dan Diskusi

Prosesi pelantikan tersebut dirangkai dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I FPRMI dan Diskusi Apresiasi Bela Negara (ABN) bertema: "Penguatan Jurnalis dalam Mewujudkan Informasi dan Komunikasi, yang Memupuk Rasa Nasionalisme", dan pemberian ABN Award kepada sejumlah tokoh yang dianggap berjasa dalam pembelaan negara.

Diskusi dan pemberian ABN Award kerja sama FPRMI Pusat dan Panglima TNI itu menghadirkan tiga pembicara, yaitu: Prof Drs KH Yudian Wahyudi, MA, Ph.D dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila; Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Dr Irvansyah SH MTr.Opsla, dan mantan Ketua MA dan mantan Dewan Pers Prof Dr H Bagir Manan, SH, MCL.

Sementara penganugerahan Apresiasi Bela Negara (ABN) yang juga dilakukan pada acara yang sama, diberikan kepada sejumlah pimpinan perusahaan (swasta, BUMN, BUMD), dan pimpinan/kepala daerah: Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. 

Terkait anugerah ABN Award untuk kategori kepala daerah, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, tercatat sebagai satu-satunya kepala daerah di Aceh yang mendapat penghargaan tersebut.

Penulis : Redaksi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com