12 September 2018 | Dilihat: 278 Kali
Sambut 1 Muharram 1440 H, Pemkab Simeulue Gelar Tiga Rangkaian Kegiatan
noeh21
 

IJN | Simeulue - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H / 2018 M, Pemerintah Kabupaten Simeulue menggelar tiga rangkaian kegiatan yang dimulai sejak hari Senin dan Selasa tepatnya di Mesjid Baiturrahmah Kota Sinabang dan Mesjid Agung Tgk. Khalilullah Kabupaten Simeulue Selasa 11/09/2018 kemarin.

Pada Senin malam (10/9) Pemkab Simeulue mengadakan Acara Dzikir/Do'a Bersama di Mesjid Baiturrahmah Kota Sinabang yang diawali dengan shalat Isha bersama yang turut dihadiri oleh Seluruh Forkopimda dan Warga Masyarakat dalam Kota Sinabang dan sekitarnya.

Pada Selasa pagi (11/9) Pemkab Simeulue juga mengadakan acara Pawai Ta'aruf yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati Simeulue Hj. Afridawati yang didampingi oleh unsur Forkopimda tepatnya di halaman Mesjid Baiturrahmah Kota Sinabang. Seluruh peserta Pawai Ta'aruf ini diikuti oleh berbagai instansi, sekolah tingkat TK, SD, SLTP, SLTA, TPA, Pesantren serta juga warga masyarakat Simeulue. Seluruh Peserta Pawai Ta'aruf ini sangat Antusias dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H/2018 M yang mana Pawai ini dimulai dari halaman Mesjid Baiturrahmah kota Sinabang melewati daerah perkotaan dan berakhir kembali ke Halaman Mesjid Kota Sinabang.

Selasa Malam (11/9) sekitar Pukul 20.30 Wib, yang diawali Shalat Isha bersama Pemkab Simeulue laksanakan Acara Tabliq Akbar dalam rangka menyambut Tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H/2018 M di Mesjid Agung Tgk. Khalilullah Kabupaten Simeulue.

Wakil Bupati Simeulue Hj. Afridawati Dalam sambutanya menyampaikan, saya mewakili jajaran Pemerintah Kabupaten Simeulue, mengucapkan selamat datang kepada seluruh hadirin sekalian dan selamat tahun baru Islam, 1 Muharram 1140 H/2018 M.

"Semoga keberkahan dan kesempatan yang diberikan Allah SWT ditahun yang baru ini, menjadi langkah awal dan semangat baru bagi kita semua untuk memperbarui kehidupan kita kearah yang lebih baik lagi, "ucapnya.

Afridawati juga menambahkan pada kesempatan ini, mari bersama - sama kita merenungi kembali napak tilas sejarah tahun baru Islam dan makna yang dapat kita petik, untuk menjadi tuntunan hidup yang positif bagi kita semua.

Sebagai kaum muslimin, tentu kita tahu bahwa penetapan kalender Hijriyah berbeda dengan penetapan kalender Masehi. Jika pada kalender Masehi, dimulainya sebuah hari atau tanggal adalah dihitung sejak pukul 00 waktu setempat, maka penetapan waktu pada kalender Hijriyah dimulai dari terbenamnya matahari ditempat tersebut.

Marilah momen istimewa tahun baru Islam ini, kita jadikan sebagai momentum untuk memetik pelajaran berharga dari hijrahnya Rasulullah SAW, bagaimana beliau mulai membangun peradaban Islam dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik.

Wabup Simeulue juga mengajak mari kita tanamkan lagi nilai-nilai kebaikan didalam hati dan prilaku kita, dengan bersama-sama membangun persatuan dan merekatkan kembali tali persaudaraan serta tidak mudah terprovokasi dengan berbagai isu-isu negatif, yang disebarkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, baik itu didalam lingkungan sosial maupun di Dunia maya.

"Dalam upaya mewujudkan cita-cita mulia warga masyarakat Simeulue ini, kami kembali menghimbau seluruh lapisan masyarakat, agar dapat bersatu mendukung seluruh upaya dan kerja positif Pemerintah, agar seluruh langkah dan kebijakan yang telah disusun dapat berjalan dengan lebih cepat dan efektif. Sehingga dapat terwujud Masyarakat Simeulue Yang Adil dan Sejahtera Berdasarkan Nilai-Nilai Syariat, "tegas Wabup.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup Afridawati secara khusus memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Bapak Ustadz H. Salman, S.Pd, M.Ag yang telah berkesempatan hadir bersama kita dan memberikan sedikit wejangan, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat dan memberikan makna yang mendalam bagi hati dan fikiran kita di tahun yang baru ini dan Ucapan terima kasih juga diucapkan kepada seluruh panitia yang bertugas sehingga seluruh rangkaian acara pada tahun baru Islam 1440 H ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, "tutup Afridawati. (AL).
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com