31 Januari 2019 | Dilihat: 539 Kali
Seekor Paus Terdapar di Lhok Keutapang
noeh21
Seekor paus terdampar di Tapaktuan. Foto: IJN
 

IJN - Aceh Selatan | Seekor Paus yang belum ditentukan jenisnya berukuran lebih kurang 5 meter terdampar di perairan Kabupaten Aceh Selatan tepatnya di Desa Lhok Keutapang Kecamatan Tapaktuan, Kamis 31 Januari 2019.

Belum diketahui pasti penyebab Paus dengan berat mencapai 1 (satu) ton itu bisa terdampar di pantai Laut Tapaktuan. Menurut keterangan warga setempat paus tersebut ditemukan sudah dalam keadaan mati dan terapung di Lhok Keutapang.

Mengetahui hal itu, Danramil 01/Tapaktuan Kapten Inf Wahid, Camat dan Kapolsek langsung menuju lokasi mamalia itu ditemukan, dan saat itu juga langsung berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan untuk mengambil langkah-langkah yang harus dilakukan.

"Kita bersama Kapolsek, Camat dan juga dinas terkait sedang meneliti apa penyebab kematian paus tersebut serta warga disini akan segera mengambil tindakan untuk mengevakuasi ikan ini agar lingkungan kita tidak tercemar apabila membusuk," terang Kapten Inf Wahid.

Sebelum itu, Danramil mengatakan, Dinas Perikanan dan Kementrian Kelautan sedang mencari penyebab paus tersebut bisa terdampar di lokasi itu. "Kita juga akan cari tahu kenapa ikan ini bisa terdampar, apakah terkena racun atau bagaimana kita belum tau, disini kita ada dinas perikanan yang mengerti apa penyebabnya," tutup Danramil.

Penulis : Irfan
Editor  : Hidayat S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com