01 Juni 2019 | Dilihat: 203 Kali
Sekdakab Abdya Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
noeh21
Sekdakab Abdya Drs. M Thamrin memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto Heri Purwanto
 

IJN - Abdya | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat Daya Drs. M Thamrin memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Pemda setempat, Sabtu 1 Juni 2019.

Upacara yang diikuti oleh Ratusan personel gabungan ASN, TNI-Polri ini juga dihadiri Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P., Kapolres Abdya AKBP Mohd Basori, SIK., sejumlah perwakilan pejabat dan organisasi, serta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dan Kecamatan Sekabupaten Abdya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Thamrin menyampaikan ulang amanat dari Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Hariyono, tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara memahami Ideologi Pancasila secara baik. Pancasila telah mampu mempersatukan segala perbedaan hingga menjadi satu kehidupan bangsa yang kuat dalam bingkai NKRI.

Sekda Thamrin mengingatkan, Pancasila adalah anugerah dari Tuhan YME melalui perantara jasa dari para pendiri bangsa. Berkat perjuangannya, nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia berhasil digali hingga dikandungkan menjadi sebuah Dasar Negara, Ideologi Negara, sekaligus pandangan hidup bangsa Indonesia.

"Tidak bisa dipungkiri, eksistensi kita sebagai bangsa maupun negara masih bisa bertahan hingga saat ini, itu karena adanya Pancasila," sebutnya. 

Di akhir amanatnya, Sekda Thamrin berharap peringatan hari lahir Pancasila bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi "Politik Harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Bersatu membangun bangsa untuk kehidupan masyarakat yang rukun, damai dalam kemakmuran dan keadilan.

Penulis : Heri Purwanto
Editor : Rudi H
 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com