21 Mei 2020 | Dilihat: 98 Kali
Sembilan Hari Jalani Perawatan di RSUZA, AS Santri Temboro Asal Simeulue Dinyatakan Negatif Covid-19
noeh21
Kiri, Direktur RSUD Simeulue, drg. Farhan, Tengah Bupati Simeulue Erli Hasyim (Erhas) kanan Kabag Humas dan Jubir covid-19, Ali Muhayatsyah SH. Foto (INDOJAYANEWS.COM)
 

IJN - Simeulue | Setelah menjalani perawatan dan pengobatan di RSUZA Banda Aceh, AS (20) santri Pesantren Temboro, Jawa Timur, asal Kabupaten Simeulue yang dinyatakan positiv Covid-19, dikonfirmasi saat ini dinyatakan negatif.

AS dinyatakan positif sebanyak dua kali berdasarkan sampel SWAB. Namun setelah menjalankan perawatan dan pengobatan selama di RSUZA Banda Aceh, selama sembilan hari dari tanggal 13 sampai pada tanggal 21 Mei 2020, AS dinyatakan negatif dari virus corona tersebut.

"Berturut-turut dinyatakan positif covid-19, dan pada akhirnya, Alhamdulillah saudara kita AS dinyatakan sembuh dan bebas dari Covid-19," ujar Bupati Simeulue, Erli Hasim, dalam konferensi pers, Kamis 21 Mei 2020.

Meski demikian, Bupati menghimbau AS agar tidak terlalu beraktifitas diluar rumah. Pasca AS dikonfirmasi negatif, Bupati mengatakan bahwa Simeulue telah keluar dari kondisi Pandemi Covid-19. Namun begitu, Bupati tetap menghimbau kepada Masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan yang berlaku.

"Namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, sebab masih banyaknya Masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan," sebut Bupati Erhas.

Ia berharap kepada masyarakat Simeulue khususnya, selalu mengikuti prosedur pemerintah daerah baik menjaga jarak,cuci tangan dan memakai masker pada saat keluar dari rumah.

Pasca beberapa warga Simeulue yang telah dinyatakan positif terpapar Covid-19, diharpakan menjadi pembelajaran.

Terkait pemulangan AS ke Simeulue, belum bisa dipastikan lantaran kondisi Transportsi Off sementara lantaran Idul Fitri. Akan tetapi setelah lebaran nanti AS akan segera dipulangkan dan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Simeulue. 

Kemungkinan AS akan pulang ke Simeulue menggunakan jalur transportasi udara yang akan ditanggung oleh Bupati Erhas.

"Saya akan menanggung biaya penerbangan saudara AS dari Banda Aceh menuju pulau Simeulue," tutup Bupati Erhas.


Penulis: JI
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com