28 Oktober 2023 | Dilihat: 283 Kali
Seminar Literasi Digital, UIN Ar-Raniry Gandeng Kominfo RI
noeh21
Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berkolaborasi Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI). Foto Muhammad Khaliq Nasution
 

IJN - Banda Aceh | Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berkolaborasi dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) menggelar Seminar Literasi Digital di Aula Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Sabtu 28 Oktober 2023.
 
Seminar ini bertujuan untuk menambah kesadaran mahasiswa dalam meningkatkan kepedulian terhadap perkembangan teknologi digital yang bertajuk “Peranan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan dan Pemasaran” 
 
Adapun tiga narasumber dihadirkan dalam acara ini memiliki latar belakang beragam, diantaranya Dr. Fajran Zain, MA, sebagai Ketua Badan Riset Aceh Institute (BRAIN), Prof. Dr. Hafas Furqani, M.Ec, sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry, serta Nazaruddin Musa, Ph.D, sebagai Ketua PD IDI Aceh.
 
Sebagai narasumber, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr Saifullah, SAg, Mag mengungkapkan, bahwa kegiatan Literasi Digital merupakan program yang sangat penting dan sejak awal terbentuknya Program Literasi bergerak UIN Ar Raniry Banda Aceh telah ikut serta dalam memajukan dan mendukung program tersebut.

Baca Juga : Dimasa Depan, Nezar Patria: Digital Penunjang Bisnis Alternatif dan Karier
 
”Program Literasi Digital sangat penting dan sejak awal terbentuknya program Literasi bergerak UIN Ar Raniry telah ikut serta dalam memajukan dan mendukung program ini,” kata Wakil Rektor III.
 
Sementara itu, Dr. Fajran Zain. MA yang juga narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan, dalam menyikapi perkembangan zaman begitu cepat dan pesat saat ini, sangat dibutuhkan kesadaran Literasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.
 
”Dalam menyikapi perkembangan zaman yang begitu cepat saat ini, sangat dibutuhkan kesadaran literasi untuk mencegah hal-hal yang negatif” kata Fajran Zain.
 
Fajran Zain juga menjelaskan, sejak tahun 2021 perubahan signifikan di era digital melonjak tajam. Saat itu, bencana Covid-19 memaksa untuk lebih aktif di media sosial. 
 
”Perubahan signifikan di era digital melonjak tajam sejak tahun 2021. Dimana pada saat itu, terjadi bencana Covid-19 yang memaksa orang untuk lebih aktif di media sosial," sebutnya.
 
"Faktor gaya hidup dan kepribadian juga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi sehingga kesadaran literasi menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga agar menjamin menjaga negara di kemudian hari,” jelasnya.
 
Kemudian, Nazaruddin Musa, Ph.D juga membagikan Tips, Trick, dan Manfaat menggunakan Social Media dan media digital untuk melakukan promosi produk yang dimiliki.
 
Tak hanya itu, Nazaruddin juga memberikan keseruan dalam kegiatan Seminar Literasi Digital di UIN Ar-Raniry dengan membuat pembelajaran singkat dengan metode bermain games dalam platform Kahoot.com
 
Sementara, Prof. Dr. Hafas Furqani, M.Ec menjelaskan, bagaimana Revolusi Digital dalam tubuh ekonomi khususnya ekonomi syariah.
 
“Revolusi digital bukan hanya ada dalam lingkup kegiatan sosial saja, namun akan masuk ke ranah Ekonomi yang berbasis Syariah,” pungkasnya. 
 
Penulis : Hendria
Editor : Redaksi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com