09 Juli 2019 | Dilihat: 561 Kali
Sikapi Desakan DPRK, Walikota : Guru Kontrak Akan Kita Pertahankan Sesuai Dengan SK
noeh21
Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang. Foto AB
 

IJN - Subulussalam | Dua fraksi DPRK Subulussalam mendesak Walikota agar memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk  membatalkan seleksi ulang guru kontrak. Desakan itu disampaikan masing-masing fraksi Sepakat Bersama yang dibacakan Heppi Bancin dan fraksi Nurani Bangsa Berkeadilan dibacakan H. Ajo Irawan pada rapat paripurna persetujuan bersama rancangan qanun Kota Subulussalam tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBK 2018.

Menyikapi desakan itu, Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan hanya melakukan pendataan guru kontrak yang sebagian tidak aktif mengajar di masing-masing sekolah. Selain itu, kata Bintang, ada beberapa guru yang tidak memenuhi kualifikasi pendidikan sebagaimana diamanatkan undang-undang setiap guru harus memiliki kualifikasi pendidikan sarjana.

Baca : Dua Fraksi DPRK Subulussalam Minta Walikota Batalkan Seleksi Ulang Guru Kontrak

Pun demikian, sambil melihat keatas dimana ratusan guru berada di balkon gedung DPRK, Bintang menyampaikan ia akan tetap mempertahankan guru kontrak sebagaimana tercantum didalam SK pengangkatan yang telah dikeluarkan Kadisdikbud sebelumnya " kami harap kepada ibu-ibu guru kontrak untuk tenang. Percayalah, SK guru kontrak akan tetap kita pertahankan sampai Desember 2019 " ungkap Walikota Bintang yang disambut tepuk tangan meriah dari guru kontrak.

Menurut Bintang, ia bersama Wakil Walikota bukannya tidak bersama para guru kontrak. Untuk meningkatkan kualitas guru, kata Bintang perlu dilakukan pendataan ulang berapa guru yang aktif atau yang tidak aktif sehingga pihak dinas pendidikan bisa memetakan kebutuhan guru di sekolah masing-masing. Apalagi, kata Bintang, banyak sekolah yang kini kekosongan guru sehingga perlu dilakukan pemerataan baik dari ASN maupun dari guru kontrak.

Penulis : AB
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com