14 Agustus 2020 | Dilihat: 265 Kali
Telan Dana 12 Milyar Lapas Sinabang Direhab
noeh21
Kepala Lapas Kelas Tiga Sinabang, Suparman SH, Peletakan Batu Pertama, Jumat 14/8/2020 (Foto : Indojayanews.com/RH)
 

IJN - Simeulue | Sebanyak 12 Milyar pembangunan Lembaga Permasyarakatan (Lapas Sinabang kelas III) di desa Suak Buluh direhab. 

Hal itu disampaikan Bupati Simeulue dalam sambutannya saat peletakan batu pertama Lapas Sinabang, Jumat 14 Agustus 2020.

"Pada tahun 2006 Lapas Sinabang ini sudah di bangun menggunakan anggaran BRR, namun berbagai hal belum ditempati," katanya.

Bupati Simeulue bersama Kepala Lapas Sinabang bertemu dengan menteri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. 

Bupati Simeulue menyakinkan kepada menteri Kemenkum HAM bahwa Lapas Sinabang (warga binaan) agar dapat di rehab atau bangun baru, sebab Simeulue daerah kepulauan.

"Alhamdulillah bapak Mentri langsung mengucurkan pembangunan dengan anggaran APBN 12 miliyar, dengan wilayah 4.5 Ha," kata Bupati Erli.

Sementara kepala Lapas Sinabang, Suparman SH, menyampaikan pihaknya terimakasih atas kunjungan Forkopimda dalam melaksanakan batu pertama Lapas Sinabang kelas III.

Perencanaan pembangunan lapas Sinabang ini direncanakan 20 Juli lalu, namun baru dapat dilaksanakan sekarang.

"Dari tahun 2006 - 2020, sudah 14 tahun baru bisa kita bangun kembali, kami berharap mohon dukungan dari seluruh pihak, karena setiap daerah ada pelanggan hukumnya, maka dari itu saya harus benar-benar mempersiapkan Lapas Sinabang ini, apalagi saya Putra Simeulue," katanya.

Layaknya Lapas Kota akan di pindahkan ke Lapas ini tahun depan. Namun masih banyak lagi perlu di rehab.

"Untuk pembangunan ini, rehab gedung kantor, rehab kamar hunian 7 yang akan di bangun, yang sudah ada 11 kamar, kapasitas dalam pembangunan ini sekitar 150 Orang bisa juga 400 orang. Pembangunan Beton keliling, dan kamar penjagaan," katanya. 

Pembangunan ini ditargetkan akan selesai apada 31 Desember 2020 mendatang. "Langkah kedepan akan saya coba bangun Lapas Sinabang Kelas III ini sampai titik puncaknya," pungkas.

Dari pantauan awak media turut hadir dalam peletakan batu pertama lapas Sinabang kelas III, Wakil Bupati Simeulue, Ketua DPRK, Kapolres, Danlanal, Dandim dan Kejari serta tamu undangan lainnya.(Red)

Terkait

Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com