14 Januari 2022 | Dilihat: 639 Kali
Temu Kangen Pataka 83 di Bandung, Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar: Produktif Membina Bangsa
noeh21
 

IJN - Jawa Barat | Suasana Ballroom Kota Baru Parahyangan (KBP), di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat pada Kamis siang, 13 Januari 2022, tampak berbeda. 
 
Pasalnya, sekitar lima puluh personal lebih dari anggota Pataka 83 (Paguyuban Alumni Taruna Akabri 83) yang tampak kompak dan guyub, berkumpul sambil bersenandung-ria, plus temu kangen.
 
Pada pagi harinya mereka telah melakukan aneka kegiatan seperti olahraga golf, jalan santai, dan bergowes-ria bersama sambil menghirup udara segar di Kawasan KBP. 
 
Kepada media, Brigjen (Purn) Taufik Hidayat yang kini aktif selaku Ketua DPRD Jabar menyatakan, merasa bersyukur masih bisa berkumpul bersama rekan-rekan di Pataka 83 secara produktif. 
 
Menurutnya, nanti pertemuan Pataka 83 pada 22 Februari 2022 di Jakarta akan berlangsung secara nasional:
 
”Di antara para rekan ini ada yang masih aktif dalam kegiatan kemasayarakatan, masih membina bangsa di berbagai lini. Padahal rata-rata sudah bercucu, namun kami masih bersemangat,” ujarnya dengan tertawa sambil menambahkan –“Setidaknya, dengan kegiatan ini kami, selalu segar, dan terhindar dari penyakit pikun.”
 
Kenangan Masa Perjuangan
 
Sementara itu Mayjen (Purn) Musa Bangun yang sehari-hari dikenal juga sebagai Ketua Umum PPIR (Purnawirawan Pejung Indonesia Raya), seakan memperkuat pendapat rekannya Taufik Hidayat.

”Melalui pertemuan ini kami sambil mengenang masa-masa perjuangan di pendidikan pada era 1980-an, siapa tahu tenaga dan pikiran kami masih bisa bermanfaat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dan ini sudah dibuktikan oleh beberapa rekan yang masih aktif di partai politik, sektor swasta, dan lainnya.”
 
Makna lainnya dari pertemuan yang tak sekedar kangen-kangenan ini menurut Jenderal (Purn) Jans Sembiring SE yang mengaku dirinya sebagai anak Medan namun kini tinggl di Jawa Barat sebagai ‘Basun’ (Batak – Sunda) karena telah beristrikan orang Rangkas Bitung sering datang ke Bandung untuk menikmati alam Parahyangan yang indah:
 
“Kami pada usia menjelang senja ini melalui perkumpulan Pataka 83, sedikitnya masih bisa bertukar pikiran dan terkadang masih melakukan aksi sosial Bersama untuk memperkokoh kesatuan bangsa di segala lini. Benar seperti kata Pak Taufik Hidayat tadi, selain berisaha masih produktif bagi NKRI juga agar kami tidak cepat pikun,” ujarnya dengan menambahkan –“Bersyukurlah kami bersama masyarakat masih bisa membangun sesuai dengan kemampuan kami, ini kami sangat syukuri. Semoga kita sehat-sehat selalu.”
 
Dalam pengamatan para awak media hadir dalam pertemuan Pataka 83 kali ini di antaranya Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Mayjen (Purn) Dedi Kusnadi Thamim. Uniknya dalam momen ini, ia Bersama rekan-rekan seangkatannya sempat mengumandangkan sebuah lagu kenangan dimasa lalu. 
 
Untuk diketahui, perkumpulan Pataka 83 ini pada tahun 2022 telah menginjak pada usia ke-39. Tercatat pada dokumentasi tahun 2011 lalu, jumlah anggota Pataka 83 ada 414 orang terdiri atas matra darat 184 orang, matra laut 85 orang, matra udara 65 orang, dan kepolisian 83 orang yang berdinas di seluruh wilayah Indonesia. 
 
 
Penulis : Harri Safiari
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com