26 Juni 2022 | Dilihat: 178 Kali
Terdapat Dua kasus DBD, Rutan Tapaktuan Kembali Lakukan Fogging di Area Blok Hunian
noeh21
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tapaktuan melalui bidang pelayanan tahanan jalin koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Selatan.
 

IJN - Tapaktuan | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tapaktuan melalui bidang pelayanan tahanan jalin koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Selatan. Minggu, 26 Juni 2022.
 
Koordinasi dilakukan untuk menyampaikan permohonan bantuan pihak Dinkes Aceh Selatan untuk melakukan fogging di seluruh area blok hunian Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tapaktuan.
 
Sebagaimana diketahui, di Rutan Kelas IIB Tapaktuan terdapat dua orang yang diagnose terkena Demam Berdarah dengue (DBD), yakni seorang Narapidana dan seorang CPNS. Keduanya sudah dirawat di Klinik Cahaya Sehat Tapaktuan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
 
Guna mengantisipasi agar tidak terjadinya kasus yang sama dan terjadinya penyebaran kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Pemasyarakatan yang lain, Rutan Tapaktuan melaksanakan upaya preventif untuk dapat mencegah terjadinya penularan melalui nyamuk dengan cara melakukan fogging pada hari Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Kegiatan tersebut dikoordinir langsung oleh perawat Penyelia Rutan Tapaktuan, Kasihani, Amd.Kep. 
 
Ia memastikan seluruh area blok hunian warga binaan pemasyarakatan telah dilakukan fogging. “Rutan Tapaktuan sudah melakukan koordinasi dengan pihak dinas kesehatan untuk melaksanakan fogging agar tidak terjadi penyebaran DBD, karena sebelumnya 2 orang sudah dirawat karena terkena DBD,” kata Kasihani
 
Selain melaksanakan fogging, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada seluruh Warga Binaan agar rutin membersihkan kamar hunian. "Tidak menumpuk pakaian kotor, membersihkan area selokan yang dapat menjadi sarang nyamuk, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan blok hunian,"jelasnya.
 
Usai pelaksanaan fogging, Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Tapaktuan, Sofyan, S.H. menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan Dinas Kesehatan Aceh Selatan yang telah melaksanakan fogging.
 
Karutan juga berharap agar Warga Binaan Pemasyarakatan tidak ada lagi yang terjangkit DBD dikemudian hari.
 
“Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Aceh Selatan yang telah memenuhi permohonan kami untuk melaksanakan fogging pada hari ini sebagai upaya preventif terhadap penyebaran DBD, kita berharap semoga tidak ada lagi kedepannya WBP yang terjangkit DBD," ungkap Sofyan. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com