31 Januari 2023 | Dilihat: 780 Kali
Tim Pengawas Pergoki ASN Nongkrong di Warkop saat Jam Kerja
noeh21
seorang ASN dipergoki sedang berada di sebuah warung kopi kawasan Simpang Peut Kecamatan Kuala
 

IJN - Suka Makmue | Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Penjabat Bupati Nagan Raya Nomor 800.1.6.2./24/2023 bertanggal 24 Januari 2023 tentang Pengawasan Disiplin Aparatur Sipil Negera (ASN).
 
Tim pengawasan melakukan razia ke sejumlah warung kopi (Warkop) di Kecamatan Suka Makmue dan Kuala, Selasa 31 Januari 2023.
 
Dalam razia tersebut, Tim dipimpin Sekda Ir H Ardimartha beranggotakan para Asisten, Kepala BKPSDM beserta Sekretaris dan jajaran, Kadis Kominfo dan unsur Satpol PP melakukan patroli pengawasan ASN yang Nongkrong di warung kopi saat jam kerja.

Baca juga: PJ Bupati Akan Beri Sanksi ASN Nongkrong di Warkop saat Jam Kerja
 
Dalam razia itu, seorang ASN dipergoki sedang berada di sebuah warung kopi kawasan Simpang Peut Kecamatan Kuala.
 
Sekda Ardimartha mengingatkan ASN tersebut dan meminta Sekban BKPSDM mencatat agar diambil tindakan sesuai ketentuan yang berlaku.
 
"Tolong dicatat ini, nanti kita proses untuk diambil tindakan," katanya.
 
Kepada ASN yang melanggar, kata Sekda, akan dikenakan sanksi sebagaimana mestinya dan dilaporkan kepada Pj Bupati. 
 
Ia menyebut, patroli atau razia itu dilakukan demi mewujudkan ASN yang disiplin dan taat aturan. "Razia ini sebagai bentuk penegakan disiplin ASN sesuai SE ibu Pj Bupati," sebutnya.

Baca juga : Hujan Deras Sebabkan Ruas Jalan Longsor, Pemko Sabang Imbau Warga Tetap Waspada
 
Ia menegaskan, kepada ASN yang melanggar akan diberikan hukuman sebagaimana SE yang ditujukan kepada seluruh Kepala SKPK dan camat lingkup Pemkab Nagan Raya beberapa waktu lalu.
 
Sebelumnya, dalam SE tersebut Pj Bupati meminta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP/WH) serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk dapat melakukan pengawasan rutin dengan patroli ke setiap warung-warung kopi. 
 
Dalam SE yang ditandatangani Pj Bupati Nagan Raya itu dinyatakan, kedisiplinan harus serta-merta ditingkatkan, guna mendorong ASN yang disiplin dan patuh terhadap aturan.
 
"Sehingga bisa menciptakan Kabupaten Nagan Raya yang berkemajuan di tengah globalisasi perkembangan zaman," kata Pj Bupati Fitriany Farhas.
 
Menurutnya, dikeluarkan SE itu dalam upaya menerapkan disiplin ASN berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), mengimplementasikan jam kerja masuk dan pulang sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 21 Tahun 2021. 
 
"Kami minta kepada setiap Kepala SKPK dapat menindaklanjuti dan menerapkannya sesuai Perbup Nomor 21 Tahun 2021 dan PP 94 Tahun 2021," pintanya.
 
Pj Bupati berharap kepada PNS lingkup Pemkab Nagan Raya untuk tidak berada di warung-warung kopi atau coffe maupun kantin di luar jam kerja yang telah ditentukan.  
 
"Menindaklanjuti temuan dilaporkan kepada saya melalui Sekda untuk dapat diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku dan pelanggaran kode etik pegawai," pintanya.
 
 
Penulis: Hendria Irawan 
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com