22 Oktober 2020 | Dilihat: 224 Kali
Untuk Tingkatkan Ekonomi Warga Pesisir, Istri Gubernur Aceh Buka Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ikan di Aceh Timur
noeh21
Dr. Dyah Erti Idawati, MT saat memberi kata sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut.
 

IJN - Aceh Timur | Istri Plt Gubernur Aceh,  Dr. Diah Erti Idawati, MT menghadiri sekaligus membuka kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah ikan menjadi tepung ikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah pesisir.

Adapun pelatihan tersebut yang digelarkan oleh Gerakan Sosial Pemuda Pesisir (GSPP) Aceh dengan tema "Pesisir Bisa Untuk Masa Depan Lebih Hebat". Acar tersebut dilaksanakan di Aula UPTD Pelabuhan Perikan Nusantara (PPN) Idi, Kamis 22 Oktober 2020.

Istri Plt Gubernur Aceh,  Dr. Diah Erti Idawati, MT dalam sambutannya ia mengapresiasi GSPP yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, terkadang kita di provinsi tidak terlalu tau apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan warga.

"Jadi dengan adanya hari ini GSPP dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kita berjumpa di ruang ini, mudah-mudahan penyelenggaraan pelatihan seperti ini," ucap Dyah Erti Idawati.

Idawati menambahkan, langkah ini mudah-mudahan tepat sekaligus memanfaat, dan tidak hanya menjadi informasi pelatihan yang sifatnya kelas saja.

"Harapan saya ini betul-betul bisa mendongkrak perekonomian dan menyediakan lapangan kerja bagi pemuda dikawasan wilayah pesisir Aceh maupun Aceh Timur," harap Idawati.

Untuk diketahui semua, lanjutnya, begitu banyak hasil tangkapan nelayan di daerah ini (Aceh Timur), dan kapal keluar masuk pun banyak sekali di daerah sini.

"Aceh Timur memang menjadi salah satu penghasilan ikan terbanyak dan terbaik," sebutnya.

Sementara itu Ketua Gerakan Sosial Pemuda Pesisir (GSPP) Aceh sekaligus Ketua Panitia, Muhammad Kaderi mengharapkan kepada peserta pelatihan agar memahami materi yang disampaikan oleh Dinas Perikanan Provinsi Aceh, dan Kabupaten Aceh Timur.

"Gunakan ilmu tersebut untuk masa depan dalam mengelola ikan menjadi sebuah produk yang bermanfaat untuk warga negara republik indonesia," harap Ketua GSPP.

"Kami dari Gerakan Sosial Pemuda Pesisir Aceh meminta kepada pemerintah provinsi Aceh agar dapat menciptakan lapangan kerja untuk generasi pesisir berbagai bidang," ujarnya.

"Kami juga meminta kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Aceh maupun Kabupaten agar kedepannya dapat menciptakan program pemuda pesisir yang lebih hebat untuk generasi masa depan lebih mantap," harapnya.

Dalam kegiatan pembukaan pelatihan tersebut turut dihadiri, Anggota DPR Aceh, Muhammat Yunus (Banta), Anggota DPR Kabupaten Aceh Timur sekaligus pembina GSPP Aceh, Firdaus, Anggota DPR Kabupaten Aceh Timur, Elma, Kepala UPTD Perikanan Nusantara Idi, Hermansyah, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Timur, Ir. Syawaludin Raden.


Penulis : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com