01 Oktober 2019 | Dilihat: 121 Kali
Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Pemko Sabang Berjalan Khidmat
noeh21
 

IJN - Sabang | Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah daerah kota sabang lakukan Upacara yang berjalan secara khidmat di halaman kantor Walikota Sabang, pada Selasa  1 Oktober 2019.

Wakil Walikota Sabang Drs.Suradji Junus pimpin Upacara memperingati hari kesaktian Pancasila itu, yang diikuti oleh seluruh pegawai yang ada di Instansi-instansi Pemerintah kota Sabang.

Hari kesaktian Pancasila diperingati di setiap tanggal 1 Oktober, karena berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965 silam, pada hari itu enam Jenderal dan 1 Kapten serta beberapa orang lainnya di bunuh sebagai upaya kudeta.

Insiden tersebut merupakan usaha PKI (Partai Komunis Indonesia) untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Dengan demikian Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari berkabung nasional, karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut. 

Maka pemerintah pada saat itu menetapkan tanggal 30 Oktober sebagai hari peringatan G30S/PKI dan tanggal  1 September sebagai hari kesaktian Pancasila.

Sementara tanggal 1 juni merupakan hari lahirnya Pancasila, karena merupakan memperingati hari lahirnya cikal bakal Pancasila dijadikan lambang dasar Negara. 

Masih banyak rakyat Indonesia yang masih salah memperingati dua hari bersejarah Indonesia itu, yang semestinya 1 juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila, sementara 1 Oktober merupakan memperingati hari Kesaktian Pancasila.

Penulis : Windi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com