23 Maret 2022 | Dilihat: 313 Kali
Verifikasi DTKS di Aceh Singkil Seakan Belum Optimal
noeh21
Keterangan : Kadis Sosial Aceh Singkil, Iskandar, saat ditemui diruang kerjanya. Foto. Erwan/IJN
 

IJN - Aceh Singkil | Monitoring Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di desa dalam Kabupaten Aceh Singkil seakan belum ada komitmen dan berjalan optimal. 
 
Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil melalui Dinas Sosial (Dinsos) telah melayangkan surat percepatan verifikasi dan vasilidasi usulan DTKS ke desa - desa melalui pihak Kecamatan masing-masing.
 
"Sudah sebulan lebih, hingga saat ini hanya 2 dari 116 Desa yang ada di daerah mengambil aplikasinya,"kata Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh Singkil, Iskandar saat ditemui diruang kerjanya. Rabu 24 Maret 2022.
 
Dia menyebutkan, berdasarkan informasi yang berkembang di tengah masyarakat, banyak yang tercatat sebagai penerima bantuan PKH, BPNT dan bantuan sosial lainnya, dinilai tidak layak. Seperti, Perangkat Desa, Mantan Kepala Desa.
 
Sementara dalam surat yang dilayangkan tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2021 tentang penggelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, pihak Pemdes dalam Kabupaten Aceh Singkil diminta segera melakukan monitoring verifikasi dan validasi serta mengupdate data DTKS, bantuan sosial PKH, PBI dan BPNT.
 
"Dengan banyaknya laporan informasi, sudah seharusnya Pemerintah Desa terlebih dahulu melakukan monitoring verifikasi dan validasi data DTKS terhadap penerima manfaat bantuan sosial PKH, PBI dan BPNT didesanya masing-masing,"sebutnya.
 
Iskandar menjelaskan, dalam upaya memaksimalkan data DTKS penerima manfaat bantuan sosial PKH, PBI, BPNT, dan lainnya, pihak Dinas Sosial Aceh Singkil berencana dalam waktu dekat ini kembali akan menyurati Desa melalui pihak Kecamatan masing-masing.
 
Selain itu, Kadis Sosial Aceh Singkil Iskandar berharap, agar pihak Pemerintah Desa (Pemdes) dapat segera melakukan monitoring verifikasi dan validasi data DTKS penerima manfaaat bantuan sosial, serta menunjuk operator desa SIKS-NG nya yang jujur.
 
"Sehingga, data DTKS penerima manfaat PKH, PBI, dan BPNT Kabupaten Aceh Singkil dapat segera update dan terdata sesuai harapan serta bantuan sosial tersalur tepat pada sasaranya membantu masyarakat ditengah himpitan ekonomi seperta saat ini,"harapnya.
 
 
 
Penulis : Erwan
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com