27 Agustus 2019 | Dilihat: 204 Kali
Wabup Abdya Serahkan KUA-PPAS 2020 ke DPRK
noeh21
Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar, MT menyerahkan rancangan KUA-PPAS Abdya tahun 2020 kepada Ketua DPRK Abdya Zaman Akhli, S.Sos. Foto Heri
 

IJN - Abdya | Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya dan DPRK setempat melakukan pembahasan rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020. 

Kegiatan ini ditandai dengan diserahkannya secara langsung rancangan KUA-PPAS Abdya tahun anggaran 2020 oleh Wakil Bupati Aceh Barat Daya, Muslizar MT kepada Ketua DPRK Abdya Zaman Akhli, S.Sos pada sidang paripurna Dewan, di gedung DPRK setempat, Selasa 27 Agustus 2019.

Dalam kesempatan tersebut Muslizar menyampaikan, secara umum rancangan KUA-PPAS Abdya tahun 2020 merupakan kerangka kebijakan publik yang memuat hak dan kewajiban Pemerintah Daerah dan masyarakat, tercermin dalam rencana pendapatan belanja dan pembiayaan. 

"Oleh karena itu dalam perencanaannya harus melibatkan partisipasi masyarakat serta sinergi dengan instrumen perencanaan pembangunan daerah," katanya.

Muslizar menyebutkan, anggaran yang direncanakan merupakan satu kesatuan dari hasil perencanaan Musrenbang mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Perencanaan ini dilengkapi dengan hasil konsultasi publik dan forum lintas perangkat daerah.

Rancangan KUA-PPAS Abdya tahun 2020 disusun dengan pendekatan kinerja yang berpedoman pada prinsip efektif, efisien, ekonomis, transfaran serta tanggung jawab pada asas keadilan dan kepatutan manfaat bagi masyarakat. 

Muslizar menghimbau, dalam merencanakan program dan kegiatan perlu adanya sinkronisasi dan keterpaduan antar kegiatan dan program maupun antar SKP. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari duplikasi anggaran serta tumpang tindih kewenangan.

Pantauan IJN, dalam rapat tersebut turut hadir perwakilan Dandim 0110/Abdya Lettu Inf Edi Mailiswar, perwakilan Kapolres Abdya Iptu Mardiansyah, SH, perwakilan Kajari Abdya Hendri, SH, para Asisten dan Kepala SKPK, para Camat serta sejumlah pihak terkait lainnya dalam kabupaten.

Penulis : Heri Purwanto
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com