04 September 2018 | Dilihat: 337 Kali
Warga Demo Kekantor DPRK dan Bupati Aceh Singkil, Tuntut Tanah Ulayat Dibebaskan
noeh21
Ratusan Masa Melakukan Unjuk Rasa di Depan Kantor Bupati Aceh Singkil. (foto; ijn)
 

IJN | Aceh Singkil - Sejumlah ratusan masyarakat yang terdiri dari kaum ibu-ibu dan laki-laki dengan LSM Perlahan dan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Kabupaten Aceh Singkil, Selasa, (4/9/2018).


Masyarakat melakukan aksi unjuk rasa kekantor DPRK serta Pemkab setempat, menuntut agar tanah ulayat yang selama ini dikuasai, dikelola oleh PT.Nafasindo dapat dibebaskan dan dikembalikan kepada mereka.


Dalam aksi unjuk rasa lanjutan dari demo beberapa waktu lalu di Kantor PT.Nafasindo itu, didepan para Wakil Rakyat Kabupaten Aceh Singkil masa meminta agar tanah ulayat yang selama ini dikelola dan dikuasai oleh perusahaan kebun kelapa sawit tersebut dibebaskan serta dikembalikan kepada masyarakat.


"Aksi demo yang dilakukan itu merupakan lanjutan dari unjuk rasa beberapa waktu lalu di PT. Nafasindo. Karena dalam demo tersebut tidak menghasilkan titik temu yang jelas, sehingga masyarakat melanjutkan unjuk rasa ke Kantor DPRK dan Pemkab Aceh Singkil," ucap Irfan Efendi, Kordinator Aksi saat berorasi didepan Kantor Wakil Rakyat, Setempat.


Para pengunjuk rasa juga meminta agar Pemkab Aceh Singkil bersama DPRK mengesahkan qanun pembebasan lahan, dan melakukan pengukuran ulang HGU PT.Nafasindo dan pematokan serta mengembalikan tanah transmigrasi.


Usai berorasi dihalaman Kantor DPRK Aceh Singkil, dengan mendapat pengawalan ketat pihak keamanan, para pengunjuk rasa melanjutkan aksi demonya ke Kantor Bupati Aceh Singkil, di Singkil. Setibanya di Kantor Bupati, masa pengunjuk rasa  disambut oleh Asisten I Setdakab Aceh Singkil, Moch.Ichsan.


Selanjutnya usai berorasi dihalaman kantor Bupati Aceh Singkil, perwakilan  para pengunjuk rasa melakukan pertemuan dengan pihal Pemkab Aceh Singkil di opp room Kantor Bupati setempat.


Sementara menurut Informasinya, Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda Aceh Singkil  tidak berada ditempat. Sedang melaksanakan tugas diluar daerah. (Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com