30 September 2023 | Dilihat: 165 Kali
Warga Minta Pembangunan Akses Jalan Rantau Gedang-Singkil Jadi Prioritas
noeh21
Warga Desa Rantau Gedang Kecamatan Singkil, Aceh Singkil saat ditemui wartawan IndoJayanewa.com. Foto. Erwan/IJN
 

IJN - Singkil | Warga Desa Rantau Gedang Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, meminta pemerintah daerah untuk memprioritaskan pembangunan jalan lintas penghubung dari desa menuju Ibukota setempat.

Pasalnya, jalan penghubung Desa Rantau Gedang menuju ke Ibukota Aceh Singkil saat ini rusak parah karena faktor rendah dan kerap tergenang banjir pasang surut.

Kepala Desa Rantau Gedang, Anton didampingi perangkat, Jamali mengatakan, saat ini akses jalan lintasan warga untuk pergi ke kebun dan Pasar dikawasan ibukota Aceh Singkil nyaris tidak bisa dilalui.

"Karena faktor badan jalan rendah dan kerap digenangi banjir pasang surut, sejumlah titik jalan tersebut kian semakin dalam tergenang air. Sehingga sangat sulit untuk dilalui,"kata Jamali kepada IndoJayaNews.com, Sabtu 30 September 2023.

Ironisnya lagi, kata dia, dengan kondisi badan jalan tersebut, warga yang ingin mengangkut berbagai material bangunan ke Desa Rantau Gedang mengaku merasa kesulitan.

"Untuk memasukkan material sirtu saja saat ini harus memilih jalan memutar desa, dengan merogoh saku menghabiskan dana Rp. 1.500.000 per-satu mobil colt diesel sampai ke lokasi rumah warga Desa Rantau Gedang," jelasnya.

Hal tersebut, kata Jamali, karena armada pengangkut material tidak bisa langsung masuk ke Desa mereka, sehingga harus mengangkut dengan dua kali lansir menggunakan becak.

"Apabila akses jalan desa itu dapat dilalui, untuk biaya yang harus di keluarkan tidak sampai sebesar itu,"katanya lagi.

Menurutnya, disamping rusak akses jalan, kerusakan parah juga terjadi difasilitas umum lainnya, seperti bangunan sekolah dan pustu Desa Rantau Gedang.

"Berharap pemerintah Aceh Singkil dapat memprioritaskan perbaikan pembangunan jalan, fasilitas umum bangunan sekolah dan Pustu Kesehatan Desa Rantau Gedang yang sudah sangat memprihatinkan," demikian tutupnya.

Penulis: Erwan
Editor: Afrizal

Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com