11 Mei 2020 | Dilihat: 264 Kali
Warga Pertanyakan Posko Covid-19 Perbatasan Kuala Baru, Aceh Singkil
noeh21
Tampak Posko Penanganan Covid-19, Desa Suka Jaya, Kuala Baru, Kabupaten Aceh Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah penyakit virus corona atau covid-19, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Tim Gugus Tugas yang dibentuk mendirikan serta mengaktifkan sebanyak 7 Posko perbatasan di sejumlah titik dalam kawasan daerah setempat.
 
Namun, salah satu Posko Tim gugus tugas pemantauan penyebaran virus Covid-19 Kabupaten Aceh Singkil untuk wilayah perbatasan Kuala Baru, dengan wilayah tetangga, sampai saat ini tidak diketahui dimana letaknya.
 
"Setau kami tidak ada posko Tim gugus tugas Kabupaten Aceh Singkil yang didirikan disini," ucap Sekdes Suka Jaya, Kecamatan Kuala Baru, Mukdir, Minggu malam, 10 Mei 2020.
 
Sekdes mengakui, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 pihak Desa Suka Jaya, mendirikan Posko dikawasan SMK Kuala Baru menggunakan dana desa.
 
Sehingga diketahui, sampai saat ini jangankan Posko Perbatasan Kabupaten Aceh Singkil, untuk bantuan fasilitas posko Desa Suka Jaya, Kuala Baru, merupakan kawasan yang berbatasan dengan daerah tetangga saja sampai hari ini tidak pernah ada.
 
Oleh karena itu, untuk pengaktifkan Posko Penanganan Covid-19 sejak didirikan di daerah perbatasan itu pihak Pemdes kewalahan. Pasalnya sampai saat ini, untuk operasional dan kelengkapan fasilitas posko Pihak Pemdes Suka Jaya harus menalangginya sendiri menggunakan dana desa. Sehingga mereka pun mengaku kewalahan.
 
“Sebenarnya kami juga heran dan merasa aneh mengapa di Desa Suka Jaya, Kuala Baru, merupakan kawasan perbatasan dengan Kabupaten tetangga tidak ada didirikannya Posko Tim gugus tugas Kabupaten Aceh Singkil," tuturnya.
 
Meski demikian, untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di Desa Suka Jaya, selama ini pihak Pemdes setempat telah melakukan sosialisasi himbauan dan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan dana desa.

"Namun, sejauh ini belum ada bantuan apapun dari pihak Pemkab atau Tim gugus tugas Kabupaten Aceh Singkil, baik untuk alat pelindung diri masyarakat ataupun terhadap Posko yang didirikan Desa Suka Jaya, Kuala Baru," ungkapnya.
 
Sebelumnya, Ketua Pelaksana Tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Aceh Singkil, Mohd.Ichsan menyebutkan, untuk Penanganan pencegahan penyebaran wabah penyakit virus corona, Tim gugus tugas Kabupaten Aceh Singkil telah membuat Posko di 7 titik lokasi dalam daerah setempat.
 
"Adapun Posko Tim gugus tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Singkil, diantaranya di Kecamatan Danau Paris, Suro, Singkohor, Singkil, Kuala Baru, Pulau Banyak, dan Pulau Banyak Barat," sebut Ichsan.
 
"Meski statusnya berbeda, ketujuh posko tersebut tetap aktif sampai sekarang. Seperti, Posko yang ada diLae Balno, Kecamatan Danau Paris dan Kepulauan Banyak Aceh Singkil, 24 jam aktif. Sedangkan posko yang lainnya hanya aktif diwaktu siang saja," jelasnya.
 
Begitu pun, untuk segala sesuatu keperluan fasilitas 7 posko tersebut semuanya dibawah kendali dan tanggung jawab Posko Induk Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Singkil, yang koordinatornya masing-masing Camat.
 
"Namun, Tim Gugus Tugas Posko Induk juga akan melakukan evaluasi keefektifan atau tidaknya keaktifan tujuh posko tersebut," tandasnya.
 
Penulis : Erwan
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com