14 Maret 2019 | Dilihat: 335 Kali
Pelatihan Dari Kementerian Perindustrian
Warga Simeulue Dilatih Buat Karamel Dari Air Nira
noeh21
Gambar Karamel dari Air Nira.
 

IJN - Simeulue I Kementrian Perindustrian melalui Direktorat Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur, menggelar b​​imbingan teknis produksi dan kewirausahaan pelatihan kepada pelaku Industri Kecil Menengah  (IKM) makanan ringan di Gedung Pelatihan Dinas Perindustrian, Peradangan dan Koperasi Kabupaten Simeulue, Kamis, 14 Maret 2019.

Dede Saputra, Tenaga Ahli Bidang Pangan Kementrian Perindustrian yang diutus langsung untuk menjadi instruktur pembuatan karamel dari bahan air nira.

Dede Saputra mengatakan bahwa Nira dari aren mengandung gula antara 10-15%. Cairan ini dapat diolah menjadi minuman segar, difermentasi menjadi tuak nira, dijadikan sirup aren, atau diolah lebih lanjut menjadi gula aren, gula semut dan sebagainya.

Sebelumnya diagendakan untuk membuat gula semut dari nira, namun dikarenakan bahan air nira yang langsung diambil dari pohonnya sudah difermentasi, untuk pembuatan gula semut dialihkan membuat karamel.

"Bahan air nira yang didapatkan sudah difermentasi, sehingga sudah mengandung kadar alkohol yang tinggi jadi sudah tidak memungkinkan untuk dibuat menjadi gula semut,"cetus Dede.

Dede Saputra yang juga berprofesi sebagai Dosen dan Peneliti Departemen Teknologi Pangan dari Binus University menjelaskan bahwa pembuatan karamel berbahan air nira membutuhkan waktu lebih kurang lima jam lamanya.

"Di pasaran harga karamel berbahan nira ini sangat menjanjikan, bisa mencapai Rp. 260.000 per kilo nya,"kata Dede, yang juga salah seorang Asessor Komite Akreditasi Nasional Indonesia.

Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop Simeulue, Peter Gunadi, ST mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian yang sudah berjalan dua tahun berturut turut.

"Sasaran dari pelatihan ini merupakan pelaku IKM yang menyasar ibu rumah tangga untuk pembuatan karamel berbahan air nira,"kata Peter Gunadi.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com