26 Maret 2024 | Dilihat: 94 Kali
Warga Suak Nie Demo Tolak Pengungsi Rohingya di Kantor PMI Aceh Barat
noeh21
Puluhan warga tolak pengungsi rohingya dari kantor PMI Aceh Barat. Foto. Chaidir Azhar/TVOne
 

IJN - Aceh Barat | Belasan warga Desa Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, melakukan aksi penolakan pengungsi rohingya yang ditempatkan di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) desa setempat, Selasa 26 Maret 2024.

D
alam orasi itu, masa menuntut pemerintah Aceh Barat agar segera memindahkan pengungsi rohingya yang sudah melebihi batas ketentuan yang telah disepakati.

"Sesuai kesepakatan dengan Pemerintah Aceh Barat kemarin, mereka hanya ditempat hanya lima hari, namun dengan hari ini sudah enam hari melewati ambang perjanjian," kata M. Nasir, warga Desa Suak Nie.

Baca juga : Ratusan Masyarakat Aceh Barat Tolak Kedatangan Rohingya

Terkait kemanusiaan, kata dia, hanya warga desa Suak Nie yang bisa memberikan izin bagi para pengungsi Rohingya tinggal di desa tersebut.

"Coba liat ada warga lain di Aceh Barat yang menerima kehadiran mereka. Kalau berbicara kemanusiaan, warga desa Suak Nie malah lebih dari soal kemanusiaan, kita sudah berikan waktu lima hari, tapi hari ini belum ada tindakan apapun dari Pemerintah untuk memindahkan pengungsi Rohingya," tegasnya.

Ia mengaku kecewa dengan Pemerintah Aceh Barat yang tidak berkoordinasi dengan pihak gampong untuk penempatan pengungsi Rohingya.

Baca juga : Etnis Rohingya Terdampar di Samatiga Aceh Barat

"Kita kecewa Pemerintah Aceh Barat yang tidak berkoordinasi dengan pihak gampong untuk penempatan Rohingya di desa kami," ungkapnya.

Hal sama juga disampaikan, Ali warga Desa setempat meminta agar Pemerintah Aceh Barat tidak membawa persoalan baru di daerah.

"Bukan hanya Kabupaten, tapi berbicara rohingya semua menolak, kita minta Pemkab tidak bawa persoalan baru untuk Aceh Barat,"katanya.

Baca juga : Meurah Budiman Pantau Pengungsi Rohingya di Gedung PMI Aceh Barat

Dia juga meminta Pj Bupati Mahdi Efendi segera memindahkan para pengungsi Rohingya itu pendopo Bupati. “Kita minta Pj Bupati Aceh Barat agar segera pindahkan mereka ke pendopo Bupati," tegas Ali.

Baca juga : Basarnas Kerahkan Kresna 232 Evakuasi Pengungsi Rohingya di Aceh Barat

Sementara Asisten I Pemerintahan Setdakab Aceh Barat, Teuku Samsul Alam menjelaskan, proses pemindahan pengungsi Rohingya masih dalam tahap komunikasi dengan pihak Provinsi.

"Kita masih dalam proses komunikasi dengan Pemerintah Provinsi terkait pemindahan para imigran Rohingya,"tutup Samsul Alam.



 

Penulis : Hendria Irawan

Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com