21 Agustus 2018 | Dilihat: 135 Kali
YARA Adukan RS Graha Bunda ke Dinas Tenaga Kerja
noeh21
 

Aceh Timur (IJN) - Sejumlah karyawan yang dipecat oleh RS Graha Bunda mengadu ke Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Timur.

Laporan pengaduan tersebut diterima langsung oleh ketua Perwakilan Indra Kusmeran beberapa waktu lalu. Indra menjelaskan, pemutusan hubungan kerja terhadap 36 karyawan tersebut karna tidak memiliki Surat Tanda Regustrasi (STR).

"Mereka di berhentikan karna menurut pihak Rumah sakit tidak memiliki STR, Makanya mereka diberhentikan" Jelas Indra kepada media melalui rilisnya, Selasa (21 Agustus 2018).

Melalui laporan yang diterima dari ke 36 orang sudah menyerahkan kuasa kepada YARA 28 orang untuk dapat dilakukan upaya hukum terhadap nasib yang harus mereka terima.

"Sekarang yang sudah menyerahkan kuasa kepada kita 28 orang, dan meminta agar hak mereka dipenuhi oleh pihak RS sebagaimana UU Ketenaga Kerjaan" Tambahnya.

Indra juga menjelaskan, persoalan pemecatan tersebut sudah membuat pengaduan ke dinas ketenaga kerjaan yang, pasalnya pihak rumah sakit tidak mempunyai itikat baik untuk merespon permasalahan tersebut.

"Kita sudah pernah menyurati pihak rumah sakit untuk dapat diselesaikan secara aturan, namun pihak rumah sakit sepertinya tidak mempunyai itikat baik untuk menyelesaikannya makanya kita berinisiatif untuk melaporkan kasus ini kepada Dinas Tenaga kerja agar dapat di selesaiakan secara baik" tambahnya

Atas kasus yang menimpa Mantan Karyawan RS Ghara Bunda indra mengharap supaya kasus serupa tidak terulang lagi dan meminta pihak-pihak yang berkepentingan dalam kasus ini serius untuk memperjuangkan hak-hak karyawan sebagaimana yang di atur dalam UU.

"Yara berharap, pihak-pihak terkait serius dalam menangani perkara ini, karna nasib mereka sangat ditentukan oleh pemangku kebijakan untuk terpenuhi hak-hak buruh, dan kita juga mengharap agar pihak Rumah Sakit keoperatif untuk menyelesaikan masalah yang timbul atas pemecatan tersebut" pungkasnya.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com