04 April 2019 | Dilihat: 157 Kali
YARA Terima Sertifikat Akreditasi OBH Dari Kemenkumham RI
noeh21
Kanwil Kemenkumham RI Provinsi Aceh foto bersama YARA. Foto M. Dhalan
 

IJN - Banda Aceh | Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Pusat di Banda Aceh dan dua Yara perwakilan Aceh Subulusalam dan Yara Kota Langsa menerima Sertikat Akreditasi Organisasi Bantuan Hukum (OBH) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk periode tahun 2019 sampai dengan 2021, Kamis 4 April 2019.

Sekretaris YARA, Fakrurrazi, SH,  kepada media ini menjelaskan,  sesuai dengan Surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.H-01.HH.07.02 Tahun 2018 tentang lembaga yang lulus verifikasi dan akreditasi pemberi bantuan hukum periode 2019 sampai dengan 2012. Untuk provinsi Aceh ada 21 (dua puluh satu) OBH yang lulus dimana 3 (tiga) diataranya YARA Pusat, YARA Perwakilan Subulussalam dan YARA Perwakilan Langsa, Banda Aceh.

Lanjutnya, Pemberian sertifikat Akreditasi untuk 21 OBH  Provinsi Aceh di serahkan bertepatan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis dalam rangka peningkatan kapasitas OBH dan Paralegal  yang diselenggarakan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI  Provinsi Aceh.

Perlu diketahui YARA Pusat sendiri sudah terakreditasi sejak Tahun 2013 dengan YARA Subulussalam dan YARA Langsa sebagai pemberi bantuan hukum masyarakat miskin yang bermasalah dengan hukum semakin mudah mengakses bantuan hukum dari pihaknya.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, Organisasi Bantuan Hukum yang telah terakditasi ditugaskan untuk memberi bantuan hukum baik secara Litigasi maupun Nonlitigasi kepada masyarakat terutama mereka yang terkategori miskin dan tidak mampu membela haknya di hadapan hukum. (Ril)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com