11 Maret 2019 | Dilihat: 257 Kali
Melalui Bimtek Industri Kecil Menengah
Anggota DPR RI Bantu Tingkatkan Perekonomian Simeulue
noeh21
 

IJN - Simeulue I Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Simeulue menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) produksi dan kewirausahaan Industri Kecil Menengah (IKM) di Aula  Setdakab , Senin, 11 Maret 2019.

Bimtek yang mencakup diantaranya makanan ringan, pengelolaan rotan, batu bata, perbengkelan sepeda motor, dan  layanan rervice Air Conditioner (AC).

Kepala Disperindagkop Simeulue,Ir. Ibnu Abbas dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari tahun sebelumnya, yang juga diikuti oleh beberapa orang peserta, yang juga telah di berikan bantuan berupa alat, namun belum sempat dilakukan pelatihan, jelasnya.

Ibnu Abbas menambahkan, pihaknya dan Pemerintah Daerah mengupayakan Kementrian aperindustrian dan Anggota DPR RI Kmisi VI untuk dapat mengabulkan permintaan lanjutan pelatihan di Kabupaten Simeulue.

Sementara itu, Nurtjahyani Dwi Sukmawati selaku Kepala Sub Direktorat IKM Makanan Pangan dan Barang Kementerian Perindustrian melaporkan, kegiatan ini merupakan penumbuhan Wira Usaha baru industri, yang merupakan sinergi antara Kementrian Perindustrian dengan komisi VI DPR RI.

Tujuannya adalah untuk menciptakan wirausaha yang memiliki jiwa kewirausahaan pengetahuan tentang manajemen usaha dan mempunyai wawasan untuk pengembangan bisnis yang juga diharapkan dapat mensejahterakan dirinya sendiri dan keluarga serta dapat memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat sekitarnya.

Bupati Simeulue, H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom dalam arahannya mengatakan, usai pelaksanaan panen ikan di Kecamatan Teluk Dalam beberapa waktu lalu, pihaknya melihat adanya kerajinan yang sangat berpotensi ekonomi yaitu pengolahan garam, dan itu terdapat di sepanjang bibir pantai.

"Usaha pengelolaan garam tersebut merupakan salah contoh potensi ekonomi yang bisa dikemas, sehingga kemudian akan menjadi nilai ekonomi yang cukup besar di kalangan masyarakat," ujar Bupati.

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memaksimalkan waktu, sekaligus bisa memanfaatkan komunikasi dengan para instruktur yang sudah hadir di tengah-tengah kita, termasuk pengolahan air aren yang memang bahan bakunya banyak terdapat di kabupaten ini.

"Kita akan mencoba mengolah Air aren menjadi gula aren, jangan air aren selalu diolah menjadi tuak" kata Bupati.

Mengakhiri arahannya Bupati sangat berharap, upayah kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari berbagai aspek sedang dilakukan dan berpotensi untuk melahirkan proses yang lebih baik untuk masa yang akan datang, tutupnya.

Anggota DPR RI Komisi VI, Fadhlullah menyatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk memajukan dan meningkatkan ekonomi masyarakat hingga masa yang akan datang.

Kunjungannya kali ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya ke kabupaten Simeulue yang juga merupakan lanjutan kegiatan tahun sebelumnya, beliau menyatakan akan terus meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang industri kecil dan menengah yang bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom, Wakil Bupati Simeulue Hj. Afridawati, Ketua DPRK Simeulue Murniati,, SE, Sekretaris Daerah Ahmadlyah, SH dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Gusni NM, serta Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Fadhlullah dan  Ir. Nurtjahyani Dwi Sukmawati, MM.
 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com