28 April 2020 | Dilihat: 251 Kali
Bupati Aceh Barat Tunda Pembagian Sembako dari Pemerintah Aceh kepada Warga Miskin
noeh21
Penyerahan bantuan sembako dari Pemerintah Aceh kepada Pemkab Aceh Bara. Foto: Dok. Dinsos
 

IJN - Aceh Barat | Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh, menyalurkan 448 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu di Kabupaten Aceh Barat. Bantuan sembako tersebut dikhususkan kepada warga yang ekonominya terdampak covid-19.

Penyaluran paket sembako dari Pemerintah Aceh itu sesuai dengan jumlah yang tertera dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 355 Tahun 2020, tentang Penetapan Data Penerima Manfaat Imbas Wabah Corona Virus di Kabupaten Aceh Barat.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial Aceh diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Isnandar kepada Pemerintah Aceh Barat, diterima langsung oleh Bupati Ramli MS, di halaman Kantor Bupati Aceh Barat, Selasa 28 April 2020.

Isnandar, dalam sambutannya mengatakan, bantuan sembako itu diantar dan diserahkan kepada Bupati Aceh Barat sudah sesuai dengan surat keputusan Bupati yang diteken oleh H. Ramli, MS selaku kepala daerah setempat.

Menurut Isnandar, jika merujuk pada data yang dipublis Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, Aceh Barat memiliki jumlah penduduk sebanyak 210.113 jiwa, dengan penduduk miskin berjumlah 39.288 jiwa.

Sementara jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Aceh Barat berjumlah 19.388 kepala keluarga (KK), sedangkan penerima paket sembako akibat pandemi covid-19 Pemerintah Aceh sebanyak 448 KK.

"Dari jumlah bantuan di atas, jika kita asumsikan per KK memiliki tanggungan 4 jiwa, suami istri dan 2 (dua) anak, maka dapat disimpulkan ada 79.344 jiwa yang sudah dibantu oleh Pemerintah, baik APBN maupun APBA. Artinya, bantuan yang tersalurkan sudah melebihi angka kemiskinan Aceh Barat," ujar Isnandar, usai penyerahan paket sembako kepada Bupati Aceh Barat.

Tidak Bisa Kita Bagi Hari Ini

Sementara itu, Bupati Aceh Barat  Ramli MS berterimakasih kepada Pemerintah Aceh atas bantuan yang telah diberikan untuk warga kurang mampu di Aceh Barat.
 "Terimakasih juga kepada Pemerintah Aceh, yang sudah mengantar bantuan ini," ujar Ramli.

Namun, kata Ramli, bantuan dari Pemerintah Aceh tersebut bulum bisa dibagikan langsung kepada masyarakat, alasan Ramli agar tidak terjadi upaya provokasi dari pihak-pihak tertentu.

"Bantuan dari provinsi ini tidak bisa kita bagi hari ini. Kenapa? nanti akan ada provokasi, kenapa ini dapat itu nggak dapat, yang di demo adalah bupati, ribut kita,” kata Ramli.

Untuk itu, Bupati Ramli mengingatkan agar semua bantuan yang sifatnya institusi, atau yang bersifat titipan agar dikoordinasikan dengan pihaknya di Pemerintah Aceh Barat, biar pihaknya sendiri yang akan menyalurkan langsung ke masyarakat. Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi tumpang tindih terima bantuan.

"Maka seperti kemarin saya sudah umumkan di koran, semua bantuan yang sifatnya institusi, atau hanya titipan, harus ada koordinasikan dengan kita, baik dari provinsi harus ada koordinasi dengan kita, biar kita (daerah) yang salurkan, yang penting sudah diberikan kepada kita, kita sudah mempertanggungjawabkan bukan untuk dikorupsi," tegas Ramli.

Turut hadir pada kesempatan penyerahan paket sembako dari Pemerintah Aceh tersebut para penggerak PKK tingkat kecamatan dan para camat se Aceh Barat. (R)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com