25 Februari 2020 | Dilihat: 464 Kali
Bupati Aceh Besar Mawardi Ali: Bantuan Pro Abes Sudah Tepat Sasaran
noeh21
Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali saat meninjau keluarga penerima manfaat (KPM) Program Aceh Besar Sejahtera (Pro-Abes). Foto: Media Center
 

IJN - Aceh Besar | Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali mengklaim, seluruh bantuan yang selama ini disalurkan melalui program Pro Abes sudah sesuai dan tepat sasaran. Hal itu diungkapkan Mawardi Ali saat meninjau keluarga penerima manfaat (KPM) Program Aceh Besar Sejahtera (Pro-Abes), Selasa 25 Februari 2002.

"Bantuan ini, ditujukan kepada keluarga yang hidup dibawah garis kemiskinan, dan sejauh yang sudah kita tinjau, semuanya tepat sasaran," kata Mawardi Ali.

Saat meninjau 5 (lima) kecamatan di Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan, selama ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan uang bantuan tersebut untuk pengembangan ekonomi. Walaupun bantuan yang diberikan tidak besar.

"Bantuannya tidak besar, cukup untuk kebutuhan konsumsi, namun masyarakat kita pintar mengelola, sehingga ada yang memanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi, seperti modal usaha," kata Politisi PAN Aceh Besar itu.

Mawardi Ali juga menyebut bahwa bantuan Pro-Abesjuga sudah mampu menurunkan angka kemiskinan di Aceh Besar. Sehingga, dianggap sudah berdampak positif bagi masyarakat Aceh Besar.

"Berdasarkan data yang kita peroleh, angka kemiskiman turun 1 persen per tahun, dari 2017 kita di angka 15 persen, tahun lalu (2019) sudah mencapai 13 persen. Dan kita sangat bersyukur untuk itu," ungkapnya.

Sementara, kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar, Jamaluddin mengatakan, selain Pro-Abes, Pemerintah Aceh Besar juga menyalurkan bantuan serupa yaitu Program Keluarga Harapan (PKH).

"PKH juga salah satu program untuk memberantas kemiskinan, dan sejauh ini, sebanyak 20.808 masyarakat Aceh Besar sudah menerima bantuan tersebut," beber Jamaluddin.

"Kita mempunyai pendamping Pro-Abes dan PKH di setiap tingkat, yang bertujuan untuk melakukan pendataan agar tidak ada tumpang tindih bantuan."

Kepala Dinas Sosial Aceh Besar itu juga memastikan tak ada penerima bantuan yang double. "Dan yang tidak lagi termasuk dalam kriteria miskin, akan dikeluarkan dari program, akan diganti dengan yang lebih membutuhkan," ujarnya.

Selain didampingi Kepala Dinas Sosial, Bupati juga didampingi oleh Kabag Humas Aceh Besar, Muhajir, dan Kabag Umum Setdakab Aceh Besar, Muwardi. Demikian tulis website resmi Aceh Besar.

Editor: Hidayat. S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com