23 Oktober 2020 | Dilihat: 606 Kali
Desa Langkak Icon Model, DPMG Aceh: Bisa Menjadi Contoh Bagi Desa Lain
noeh21
Ket Foto: DPMG Aceh melalui Kasi Pengembangan Adat dan Lembaga Gampong Kunjungi Desa Langkak. (IJN/Hendri)
 

IJN - Nagan Raya | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh adakan kunjungan pembinaan ke Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Azhari, SE, M.Si melalui Kasi Pengembangan Adat dan Lembaga Adat Gampong, Eliya Rahmawati, A.Ks, M.Si, mengatakan kunjungan tersebut guna melihat langsung Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Desa langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya.

“Kita melihat Desa Langkak menjadi salahsatu Icon model dalam pemanfaatan Dana Desa (DD) melalui pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah berhasil melibatkan unsur aparat Desa dan juga masyarakat, termaksut juga elemen kemasyarakatan Desa, pendamping Desa dalam rangka mensejahterakan masyarakat berkelanjutan pada generasi selanjutnya,”Kata Eliya Rahmawati, Jumat 23 Oktober 2020.

Ia menyebutkan Desa Langkak telah berhasil pada pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), baik pengelolaan Klinik Cahaya Husada milik Desa Langkak, Tempat Penampungan Ikan (TPI) Desa Langkak, Toko-toko, dan Lapangan olahraga.

“Ini bisa menjadi contoh bagi Desa-desa lain dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan semoga ini menjadi inspirasi bagi Desa lainya di Kabupaten Nagan Raya,”Sebut Eliya Rahmawati.

Eliya Rahmawati juga mengungkapkan semoga ini bisa terjalin terus dengan baik dengan instansi Dinas BPMG Aceh maupun Instansi lainya. 

”Semoga Desa-desa lain menjadi pilot projeck dalam menggerakkan dan memajukan perekonomian masyarakat, dengan melibatkan lembaga masyarakat, dan lembaga adat,”Demikian Tutup Eliya Rahmawati.

Secara terpisah, Camat Kuala Pesisir, Halaina, SE mengungkapkan satu kehormatan atas kunjungan BPMG Provinsi Aceh ke Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir.

“Ini merupakan salahsatu contoh dari Desa langkak untuk 16 Desa di Kecamatan Kuala Pesisir,”ungkap Halaina Camat Kuala Pesisir.

Sementara Keuchik Desa Langkak, H. Burhan mengucapkan terimakasih atas kunjungan BPMG Provinsi Aceh ke Desanya. 

“BPMG Provinsi Aceh sudah dua kali meninjau Desa langkak dan kami akan pertahankan yang sudah ada ini, semoga kedepan Desa Langkak dan Nagan Raya lebih bagus lagi kedepanya,”tutup Keuchik Burhan.

Penulis: Hendria Irawan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com