10 Februari 2021 | Dilihat: 202 Kali
Mahasiswa KKN UTU dan IPB Adakan Penyuluhan Budidaya Ikan di Ujong Blang
noeh21
 

IJN - Nagan Raya | Desa Ujong Blang merupakan salahsatu daerah yang terletak di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.

Sebagian masyarakat di Desa Ujong Blang mayoritas berprofesi sebagai petani, kegiatan pertanian yang dominan adalah produksi padi. Namun beberapa tahun terakhir, masyarakat mulai gemar melakukan budidaya ikan, khususnya ikan Nila.

Hal itu dibuktikan adanya beberapa kolam ikan yang dibuka oleh masyarakat, baik kolam diperkarangan rumah sampai mengalihkan fungsi sawah sebagai kolam ikan.

Melihat fenomena tersebut, mahasiswa KKN-T IPB University X Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan wawancara dengan masyarakat, khususnya yang telah melakukan budidaya ikan.

Kegiatan tersebut digelar dengan bersinergi dan berkolaborasi mahasiswa KKN-T IPB University X Universitas Teuku Umar bersama masyarakat Desa Ujong Blang, pada Minggu 7 Februari 2021  kemarin yang bertempat di Aula Kantor Desa Ujong Blang.

Ketua KKN, Irfan Maulana menyebut banyak hal yang belum dikatahui oleh sebagian masyarakat terkait budidaya ikan dengan baik.

Irfan menjelaskan kegiatan penyuluhan budidaya Ikan Nila untuk mengoptimalkan sumber daya wilayah dan Teknik Pemasaran Pasca Panen.

Dalam penyuluhan itu, adapun materi disampaikan oleh Mayuddin Salim S.Pi yang merupakan expert dibidang budidaya ikan. Peserta dari penyuluhan ini adalah masyarakat Desa Ujong Blang.

"Dengan adanya penyuluhan ini masyarakat yang membudidayakan ikan, mendapat pengetahuan baru sehingga dapat diterapkan dalam budidaya ikan dan menunjang hasil budidaya ikan yang lebih baik. Serta masyarakat umum yang belum melakukan budidaya termotivasi untuk melakukan budidaya ikan sehingga dapat membantu perekonomian keluarga,"jelas Irfan Maulana.

Disamping itu, mahasiswa KKN-T IPB University X Universitas Teuku Umar juga melakukan penyuluhan terkait menjaga lingkungan dan kesehatan diri melalui sadar akan bahaya sampah dan pilah pilih sampah.

"Penyuluhan ini dilakukan pada dasarnya karena ingin menumbuhkan rasa sadar akan bahaya sampah kepada masyarakat serta edukasi terkait pilah pilih dan pengelolaan sampah,"jelasnya.

Seperti diketahui, pembicara dalam topik ini disampaikan langsung oleh Mairiya Ulfah Saniza, SKM dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nagan Raya.

"Harapannya dengan adanya penyuluhan ini masyarakat teredukasi terkait bahaya sampah sehingga tidak membuang sampah sembarangan dan mengetahui cara pengelolaan sampah,"demikian tutup Irfan.

 

Penulis: Hendria Irawan

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com