18 Februari 2024 | Dilihat: 226 Kali
Pj Bupati Aceh Besar serahkan Bantuan Pangan Cadangan di Pulo Aceh
noeh21
Pj Bupati Aceh Besar Lepas 9.220 kg (9,22 ton) bantuan pangan cadangan kepada 922 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pulo Aceh di dermaga Ulee Lheu Banda Aceh, | (Foto Humas Aceh Besar)
 

IJN - Banda Aceh | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM melepas pemberangkatan 9,2 ton beras bantuan cadangan untuk 922 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Pulo Aceh, menggunakan kapal kayu, di Dermaga Ulee Lheu Banda Aceh, Minggu 18 Februari 2024.

Bantuan berupa beras 10 kilogram per keluarga diberikan kepada KPM melalui program Bantuan Pangan Beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS) yang disalurkan oleh Perum Bulog melalui PT Pos dan Giro indonesia.

Bantuan pangan beras tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan angka inflasi di Indonesia. Selain itu, bantuan beras merupakan upaya untuk mengantisipasi krisis pangan di akhir tahun hingga awal tahun 2024.

Pada penglepasan itu Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto yang didampingi sang istri yang juga Ketua TP PKK Aceh Besar menjelaskan, penyaluran bantuan pangan pemerintah tahun 2024, adalah upaya membantu masyarakat kurang mampu khususnya di Kabupaten Aceh Besar. 

“Kita patut bersyukur, karena bantuan ini untuk membantu masyarakat yang sedang menghadapi inflasi, selain itu bantuan beras ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi musim kemarau panjang yang ditandai badai El-Nino, jadi bantuan ini juga untuk menekan angka inflasi, dalam hal ini Pemerintah kembali menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat di Kabupaten Aceh Besar melalui kantor PT POS Indonesia dan dibantu Dinas Pangan dan Dinas Sosial Aceh Besar,” kata Iswanto.

“Semua itu benar-benar membantu kehidupan rakyat di tengah himpitan ekonomi saat ini,” tutur Iswanto.

Ia menyebutkan, untuk penyaluran bantuan pangan tahap pertama Kabupaten Aceh Besar diberikan kepada 40.169 KPM

“Alhamdulillah Khusus Kecamatan Pulo Aceh diperuntukan untuk 17 Gampong dengan jumlah KPM 922 orang. Oleh karena itu, saya selalu mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur dan dalam keadaan apapun Pemerintah tidak pernah menutup mata,” sebut Iswanto. 

Iswanto mengungkapkan, sebelum penyaluran pangan cadangan beras sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pangan dan Dinas Sosial Aceh Besar agar menvalidkan penerima data.

“Sehingga penyalurannya bisa cepat dilakukan dan tepat sasaran,” ungkapnya. 

Penerima bantuan ini tergolong miskin dan kurang mampu serta membutuhkan bantuan pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bantuan untuk Kecamatan Pulo Aceh diserahkan di dua lokasi, lokasi pertama diserahkan di Pelabuhan Deudap dengan jumlah bantuan sebesar 3,1 ton yang diterima oleh 314 KPM dan untuk lokasi kedua diserahkan di Balai Nelayan Gampong Gugop dengan jumlah bantuan sebesar 6.080 kg yang diterima oleh 608 KPM,” jelasnya.

“Semoga bantuan pangan cadangan ini menjadi manfaat bagi masyarakat Pulo Aceh secara khusus dan Aceh Besar secara umum,” tutupnya. 

Penglepasan bantuan pangan cadangan tersebut juga turut disertakan Asisten II Sekdakab Aceh Besar, Kadis Pangan Aceh Besar, Plt Kadis Sosial, Plt. Kadis Kominfo Aceh Besar, Kabag Umum Sekdakab Aceh Besar, Kabag Prokopim Aceh Besar.


Penulis : Hendria Irawan
Editor : Redaksi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com