23 Januari 2024 | Dilihat: 72 Kali
Pj Wali Kota Sabang Uji Coba Tanam Padi Gogo di Lahan Warga
noeh21
Penanaman benih padi gogo dilakukan secara simbolis oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Fakri, di salah satu lahan percontohan milik Ruslan, yang berlokasi di Cot Abeuk, Selasa 23 Januari 2024. Foto. IIN/IJN
 

IJN - Sabang | Mengawali musim tanam di tahun 2024, Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pertanian dan Pangan kembali mengembangkan padi gogo atau sering disebut padi ladang.
 
Penanaman benih padi gogo dilakukan secara simbolis oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Fakri, di salah satu lahan percontohan milik Ruslan, yang berlokasi di Cot Abeuk, Selasa 23 Januari 2024. 
 
Usai penanaman, Pj Wali Kota Sabang Drs Reza Fahlevi, M.Si mengatakan, uji coba pengembangan padi gogo ini sebagai salah satu upaya mendukung dan menjalankan program ketahanan pangan di Kota Sabang.
 
"Sabang ini bukan wilayah penghasil padi dan tidak punya lahan persawahan, selama ini pasokan beras tentu semuanya berasal dari Kabupaten Aceh besar, Pidie Jaya dan sebagainya. Dalam rangka ketahanan pangan, kita coba menanam padi Gogo yang diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam pemenuhan pangan di Kota Sabang," ujarnya Reza Fahlevi.
 
Meski lahan yang digunakan tidak terlalu luas, Pj Wali Kota Sabang berharap budidaya ini berhasil, sehingga mampu mendorong pengembangan produksi beras lokal lainnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Fakri menambahkan, uji coba penanaman padi gogo ini dilakukan di lahan milik petani yang tersebar di tiga titik, yaitu lahan milik Ruslan di Cot Abeuk, Jafar di Balohan, dan milik Nurdin di Ujong Seuke.
 
"Untuk uji coba, ada 2 varietas yang kita tanam yaitu Bridantara 08 dan padi gogo lokal yang berasal dari Tangse, Sigli. Bulan Januari ini kita tanam, kalau berhasil nanti ke depan mungkin setahun sekali bisa kita tanam," ujarnya.
 
Dijelaskan Fakri, menilik dari sejarahnya dan beberapa pengalaman para petani senior, padi gogo sudah pernah dikembangkan di Kota Sabang pada tahun 1980-an dan terhenti pada tahun 1990-an lalu. Nah, saat ini padi ladang ini kembali dikembangkan pada tahun 2020 dan 2024.
 
Pada uji coba penanaman padi Gogo kali ini, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang mendukung penuh para petani dengan memberikan bantuan sarana produksi seperti pupuk, obat tanaman, pembasmi hama, beserta bimbingan dan penyuluhan.



Penulis: IIN
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com