15 April 2021 | Dilihat: 433 Kali
Selama Puasa Ramadhan, Peminat Cincau Meningkat 3 Kali Lipat
noeh21
 

IJN - Banda Aceh | Peminat cincau hitam di Banda Aceh meningkat kala Ramadan tiba. Bagi orang Aceh, minuman yang jadi menu berbuka sering terdapat campuran cincau di dalamnya.

Maulidan, seorang pekerja di pabrik Cincau Bintang mengakui peningkatan penjualan cincau. Produksi cincau ungkapnya, meningkat 3 kali lipat selama bulan puasa.

"Kalau bulan puasa permintaan lebih banyak dibandingkan bulan biasanya, dalam dua hari ini kami sudah produksi 2.000 kotak cincau,"sebut Maulidan. Kamis 15 April 2021.

Kebutuhan yang tinggi itu, membuat para pekerja harus bekerja lebih ekstra, bahkan pabrik cincau home industry milik Bang Dedek ini harus menambah pekerja lain untuk memenuhi permintaan pasar.

"Kami harus dibantu oleh pekerja tambahan 3 orang lagi. Jika tidak, kami tak sanggup,"imbuh Maulidan.

Untuk pemasaran sendiri, Cincau Bintang yang berada di Gampong Bayu Banda Aceh itu, dijual sampai ke wilayah Aceh Besar.

Cincau tersebut diracik dengan berbagai macam minuman sehingga menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Aceh untuk dinikmati saat berbuka.

Bukan hanya sekedar menyegarkan, namun tekturnya yang kenyal seperti agar-agar dan terbuat dari bahan dasar daun tanaman janggelan membuat cincau jadi menyehatkan.

Dari sisi kesehatan, cincau dapat meredakan sakit tenggorokan, menjaga kesehatan saluran pencernaan, menurunkan berat badan, menangkal radikal bebas, membantu mencegah kanker, membantu mengatasi diabetes dan terakhir menurunkan demam. [Red]
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com