06 Maret 2020 | Dilihat: 241 Kali
Semua Lembaga di Aceh Mulai Jalankan Konsep Ekonomi Syariah pada 2021
noeh21
Aminullah berbagai pengalaman dan pengetahuan mengenai konsep ekonomi syariah.
 

IJN - Meulaboh | Wali kota Banda Aceh yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh, Aminullah Usman, tampil sebagai pembicara tunggal pada acara diskusi terbatas yang digelar MES Aceh Barat, Jumat 6 Maret 2020.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Coffee Morning ini diadaka di Warung Kupi Apon, Jalan Nasional Ujong Drien Meulaboh. Acara ini dipandu Wakil Ketua MES Aceh Barat, M Yunus Bidin.

Hadir dalam acara itu sekitar 50 orang dari unsur MES, pemuda, tokoh masyarakat dan akademisi. Pada kesempatan itu, Aminullah mentransfer pengetahuan, terutama terkait Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang telah diamanahkan dalam Qanun Nomor 11 Tahun 2018, yang mana konsep ekonomi di Aceh harus dijalankan dengan sistem syariah.

"Ini akan segera berlaku mulai tahun 2021, semua lembaga keuangan di Aceh, apakah Perbankan, Koperasi maupun Asuransi dan sejenisnya harus menjalankan sistem syariah,” kata mantan Dirut Bank Aceh ini.

Katanya, konsep syariah ini merupakan perintah Allah SWT kepada setiap umat Islam sebagaimana yang telah diperintahkan dalam Al-Quran dan Hadist. Aminullah kemudian memaparkan sekilas tentang latar belakang mendirikan Lembaga Keuangan Mikro Syariah, PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS) di Banda Aceh.

"Alhamdulillah di Banda Aceh kita telah membentuk lembaga keuangan PT MMS. Lembaga ini hadir, selain untuk menindaklanjuti Qanun Nomor 11 Tahun 2018, juga upaya mulai kita membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir dan praktik riba," ungkapnya.

Lanjutnya, dengan sistem ekonomi syariah, ekonomi umat akan jauh lebih berkembang. Indikasinya dapat dilihat dari apa yang telah dilakukan MMS, dimana pedagang kecil dan UMKM di Banda Aceh semakin berkembang karena bantuan pembiayaan sistem syariah yang diberikan MMS.

Karenanya, kepada para peserta kegiatan ini, Aminullah meminta mereka ikut mensosialisasikan kepada masyarakat agar segera beralih ke sistem syariah, setiap transaksi keuangan harus dilakukan sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan Islam.

Aminullah juga banyak menjawab berbagai pertanyaan dari para peserta, termasuk kiat-kiat kesuksesannya menghadirkan pelayanan publik di Banda Aceh.

Menurutnya, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan excellent dari Pemerintah. Aminullah menyampaikan dirinya terus meminta kepada aparatur Pemko Banda Aceh untuk melayani warga kota layaknya melayani raja.

Buah dari kerja keras tersebut kemudian mendatangkan berbagai penghargaan, yang terbaru adalah Penghargaan yang diserahkan Wakil Presiden, H Ma’ruf Amin kepada dirinya, yakni Kepala Daerah Pelopor Pelayanan Rumah Sakit Syariah.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com